2015, Beijing Terapkan Larangan Merokok

BEIJING – Perokok di Beijing bakal terkekang. Pemerintah setempat akan mengeluarkan larangan merokok di dalam gedung yang merupakan ruang publik

Dalam sebuah laporan media pemerintah yang dilansir BBC, Sabtu (29/11), kebijakan larangan merokok ini juga akan berimbas kuat terhadap iklan promosi rokok. Menyusul kebijakan itu, ikaln rokok tidak boleh lagi terpampang di transportasi publik, film, majalah bahkan di koran.

Dalam sebuah pendataan baru-baru ini, jumlah perokok di Tiongkok mencapai 300 juta orang. Sebelumnya, upaya untuk melarang kebiasaan merokok berakhir dengan kegagalan.

“Peraturan larangan merokok akan mulai diterapkan pada Juni tahun depan, dimulai di ibukota Tiongkok (Beijing),” ujar pernyataan pemerintah.

Nantinya, pelan namun pasti kebijakan ini akan diterapkan di seluruh negara yang berpenduduk lebih kurang 1,3 trilliun jiwa tersebut. Dalam usulan peraturan itu, merokok akan dilarang di bis, tempat kerja atau di ruang terbuka yang berada di dekat gedung sekolah atau rumah sakit.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan Tiongkok sudah menerbitkan aturan larangan merokok di ruang publik seperti hotel dan restoran pada 2011. (af/*)

Sumber: JPNN

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button