2015, Donggala Baru Mulai Kawasan Bebas Rokok

DONGGALA – Meskipun dinilai lambat, Pemerintah Kabupaten Donggalabaru akan memulai menerapkan kawasan bebas rokok di instansi pemerintah atau SKPD pada 2015 mendatang.  Untukmaksud itu, saat ini telah dibuat Perbup Nomor 14/2014 tentang Kawasan Bebas Rokok.

Aplikasi Perbup ini diawali dari Ibukota Kabupaten Donggala dengan membangun tempat khusus merokok di kawasan perkantoran, memasang baliho dan juga membuat banner serta stiker yang akan dipasang di setiap kantor SKPD.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Donggala, Drg Hj Anita B Nurdin MKes menyebutkan, Perbup Nomor 14/2014 tentang Kawasan Bebas Rokok mengatur sejumlah tempat yang disebut sebagai kawasan tanpa rokok, seperti tempat umum, tempat kerja, tempat ibadah, tempat bermain anak, kendaraan umum, tempat proses belajar mengajar, dan sarana kesehatan.

Menurutnya, aturan tersebut akan dilakukan secara bertahap karena dimaklumi bahwa untuk mengehentikan kebiasaan merokok sangat sulit. “Ini juga untuk memberikan pemahaman yang baik kepada warga bahwa merokok itu tidak baik untuk kesehatan. Dengan begitu, warga akan menyadari bahwa kesehatan itu penting sehingga dengan sendirinya akan berhenti merokok,” tandasnya.

Ia mengaku sudah membangun lima tempat di kawasan perkantoran yang sudah dinyatakan bebas merokok. Namun jumlah itu akan ditambah lagi dan diharapkan pada 2015 mendatang serentak sudah bisa memberlakukan kawasan bebas rokok tersebut.

Ditambahkan, Perbup Nomor 14/2014 tentang Kawasan Bebas Rokok ini diharapkan menjadio cikal bakal lahirnya Perda tentang Kawasan Bebas Rokok yang oleh Dinas Kesehatan Donggal sedang dibuat draftnya. (af/*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button