Basir Cyio Raih Suara Terbanyak dalam Penyaringan Calon Rektor Untad

PALU – Penyaringan calon Rektor Untad untuk periode 2015-2019 yang digelar di Mmedia Center Universitas Tadulako, Senin (22/9/2014) berlangsung cukup tegang. Bagaimana tidak, pada awal perhitungan suara, dua dari empat bakal calon yakni Prof. Dr. Ir. Muh. Basir Cyio, SE, MS dan Dr. Syahruddin Hattab, M.Si saling susul menyusul.

Namun akhirnya, suara gemuruh tepuk tangan dari 69 anggota senat yang hadir tak terelakkan ketika nama Prof. Dr. Ir. Muh. Basir Cyio, SE, MS dinyatakan sebagai peraih suara terbanyak yakni 40 suara atau lebih dari 50 persen pemilih hadir. Rivalnya, yakni Dr. Syahruddin Hattab, M.Si meraih 12 suara.

Dua kandidat lainnya masing-masing Dr. Supriadi, SH, M.Hum dan Prof. Chairil Anwar, SE, MA, Ph.d. masing masing dengan perolehan suara 9 dan 8 suara.

Sesuai dengan tatatertib pemilihan rektor, maka tiga nama yang meraih suara terbanyak yakni Prof basir Cyio (40 suara), Dr Syahruddin Hattab (12 Suara) dan Dr H Supriadi (9 suara) ditetapkan sebagai calon rektor untuk diusulkan ke Mendikbud. Selanjutnya, pada tahap pemilihan nanti, Mendikbud akan turut memberikan suaranya untuk mendapatkan rektor terpilih periode 2015-2019. Prof Dr Chairil Anwar, yang juga suami dari Ketua Yayasan POTMA Prof Dr Ir Hj Marhawati Mappatoba MT gagal masuk sebagai calon. Banyak kalangan kampus mempertanyakan, mengapa Prof Chairil Anwar yang notabene anggota senat suami istri namun dikalahkan oleh dua bakal calon yang sama sekali bukan anggota senat.(af)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button