Batas Kuliah 5 Tahun Untuk Angkatan 2011-2014

PALU – Rektor Universitas Tadulako (Untad) Prof. Dr. Ir. Basir Cyio SE, MS menegaskan, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang dijabarkannya dalam bentuk Surat Edaran (SE) masa studi maksimal untuk program Strata Satu di Untad tidak berlaku secara frontal untuk semua angkatan.

Artinya, ada pembagian masa kuliah maksimal bagi setiap angkatan yang disesuaikan dengan Permendikbud tersebut. “Yang berlaku untuk lima tahun maksimal masa kuliah itu adalah untuk angkatan 2011 sampai 2014, sedangkan untuk angkatan 2008 dan 2009 berlaku masa studi maksimal tujuh tahun, sedangakan mereka yang angkatan 2010 berlaku maksimal enam tahun masa studi,” ujar Rektor.

Rektor Prof. Basir menegaskan hal itu terkait adanya keluhan dari sejumlah mahasiswa terkait dengan masa kuliah yang hanya maksimla lima tahun. “Ini hanya kesalahpahaman saja, karena yang berlaku adalah disesuaikan dengan angkatannya,” imbuh Prof Basir.

Rektor menambahkan, Permendikbud itu sudah disahkan sejak Juni 2014 lalu dan sejak diterbitkan, pihaknya langsung memanggil ketua-ketua Program Studi agar memberikan perhatian terhadap mahasiswa-mahasiswa yang terancam dengan aturan dari PerMendikbud tersebut.

“Masa kuliah lima tahun untuk strata satu tampaknya tidak begitu berat, karena kenyataannya rata-rata mahasiswa bisa menyelesaikan pendidikannya hanya sampai empat tahun saja, bahkan ada yang hanya tiga tahun sudah bisa selesai,” sebutnya. (af)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button