Budi Waseso, Kuda Hitam Calon Kapolri

JAKARTA – Status Budi Waseso sebagai calon alternatif kapolri tidak boleh dipandang sebelah mata. Nama Budi Waseso sudah cukup dikenal di lingkungan tokoh-tokoh politik. Apabila Presiden Joko Widodo batal melantik Budi Gunawan, bukan tidak mungkin Budi Waseso menjadi kuda hitam yang kuat.

Kemarin, Budi resmi menyandang pangkat Komisaris Jenderal. Tanda pangkat tiga bintang sudah tersemat di pundaknya. Otomatis, dia masuk bursa calon Kapolri apabila Presiden membatalkan pelantikan Komjen Budi Gunawan. Dia akan bersaing dengan Irwasum Komjen Dwi Priyatno, Kabaharkam Komjen Putut eko Bayu Seno, dan mantan Kabareskrim Komjen Suhardi Alius.

Di hari pelantikannya, Budi mendapatkan kiriman karangan bunga ucapan selamat dari sejumlah tokoh. Di antaranya, Kepala Badan Intelijen Negara era Presiden Megawati Soekarnoputri, AM Hendropriyono. Kemudian dari Kepala Lembaga Sandi Negara Djoko Setiadi, dan satu lagi dari anggota komisi III DPR asal partai Golkar Bambang Soesatyo.

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tak memungkiri jika Kabarsekrim Komjen Pol Budi Waseso bisa masuk ke dalam bursa calon Kapolri. Mengingat, Budi Waseso kini telah mendapat kenaikan pangkat menjadi jenderal polisi bintang tiga. “Semua bintang tiga bisa dicalonkan,” ujar JK di Kantor Wapres kemarin.”

Disinggung soal namanya yang masuk bursa calon kapolri pengganti BG, Budi mengaku siap apabila ditunjuk. Namun, untuk saat ini dia menyatakan masih fokus pada tugas sebagai kabareskrim. “Karena baru hari ini saya resmi menyandang pangkat komisaris jenderal,” tutur Budi setelah rapor kenaikan pangkat di Rupatama Mabes Polri kemarin.

Sementara itu, Wakapolri komjen Badrodin Haiti menyatakan pencalonan Budi Waseso sebagai Kapolri tergantung kepada Presiden dan Kompolnas. Polri tidak akan mengajukan nama Budi apabila Presiden tidak meminta. “Sampai sekarang belum ada (permintaan),” tutur Badrodin yang kemarin memimpin acara sebagai pelaksana tugas dan tanggung jawab Kapolri.

Budi Waseso merupakan mantan bawahan BG di Lemdikpol Polri. Sebelum menjadi Kabareskrim, Budi Waseso menjabat Kasespim Polri. Budi lah yang ikut hadir di ruang sidang Komisi III DPR saat BG menjalani fit and proper test. Alumnus Akpol 1984 itu pernah menjadi Kapolda Gorontalo. (af/*)

Sumber: jpnn

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button