Gapura Tolak Jokowi ke Morowali

PALU – Gerakan Aktivis Palu untuk Rakyat Sulawesi Tengah (Gapura) menolak rencana kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Kabupaten Morowali. Penolakan itu disampaikan dalam release yang diterima redaksi beritapalu.com, Jumat (3/4).

Ketua Divisi Agitasi dan propaganda Gapura, Andrie Wawan Ms. Husen mengatakan,penolakan terhadap rencana kedatangan Jokowi itu didasari atas fakta bahwa kebijakan-kebijakan Jokowi tidak pro rakyat.

“Pemerintahan Jokowi yang kurang lebih 7 bulan ini membuat harga bahan-bahan kebutuhan dapur, kantor, pendidikan, sopir, buruh, nelayan, petani dan kebutuhan semua rakyat Indonesia melambung tinggi. Penyebabnya adalah karena kebijakan Jokowi yang menaikkan harga Bahan Bakar Minyak(BBM),” sebut Andrie.

Menurutnya, menaikkan harga BBM di tengah-tengah situasi ekonomi nasional yang tidak stabil dan sementara itu harga minyak internasional turun, tidaklah populis. Kenaikan harga BBM yang katnya akan dialihkan ke sektor produktif, hingga hari ini belum dapat dirasakan oleh rakyat kelas bawah.

Tak hanya itu, penguasaan asing terhadap hasil alam di Indonesia tak juga ditegasi oleh Jokowi. Ia mencontohkan PT. Freeport yang terus saja diperpanjang kontraknya, Bahkankatanya, Jokowi dalam pertemuan APEC di Beijing dan KTT G20 di Australia mengajak asing untuk berinvestasi ke Indonesia di tengah-tengah belum adanya realisasi penegakkan Tri Sakti yang dipidatokan Jokow saat dilantik menjadi presiden lalu.

Konsep TRI SAKTI (Berdaulat secara Politik, Berdikari Secara Ekonomi, Berkepribadian Secara Budaya) adalah salah satu poin yang dalam Pidato pelantikan Joko widodo pada tanggal 20 Oktober 2014.

Atas hal-hal tersebut, Gapura mengajak seluruh mahasiswa, buruh, nelayan, petani, kaum miskin dan seluruh elemen masyarakat untuk bergabung dalam aksi akbar pada hari Senin, 6 April 2015 untuk menolak kedatangan Jokowi ke Morowali.

Informasi yang diterima, Presiden Jokowi dijadwalkan akan melakukan konjungan ke Morowali utnuk meresmikan sejumlah proyek di wilayah itu, tertuama proyek smelter yang dibangun salahs atu perusahaan pengolah biji nikel. (afd)

Sumber: beritapalu.com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button