Gerindra Tutup Pendaftaran Balon Walikota

PALU – Pendaftaran penjaringan bakal calon (balon) Walikota di Badan Seleksi (Bansel) Partai Gerindra Kota Palu, tadi malam telah ditutup. Sekretaris Bansel, Muhammad Amin Panto, kemarin (22/2)  menyatakan, dari 11 orang yang datang mengambil formulir, 5 orang yang sudah memasukan berkasnya sebagai balon Walikota.
Menurut Amin Panto, setelah berakhirnya pendaftaran, Bansel masih akan berkonsultasi dengan Ketua DPC Gerindra Palu, Arena Parampasi, apakah ada perpanjangan pendaftaran atau langsung ditutup. “Kami akan konsultasikan, karena melihat berubahnya regulasi pasca revisi Undang-Undang Pilkada. Sementara, di Provinsi maupun Kota belum memberikan informasi secara tegas soal tahapan. Yang kami dapatkan, bahwa tidak ada pilkada putaran kedua dan bakal calon harus mendaftar berpasangan,” terangnya.
Dijelaskannya, untuk komunikasi Partai Gerindra dengan  partai lain saat ini sudah dilakukan,  baik yang dikoalisi maupun di luar koalisi.
“Kita akan komunikasi dengan semua Partai yang ada. Karena kami sadar, jumlah kursi DPRD yang dimiliki Partai Gerindra belum mencukupi untuk mendukung calon,” jelasnya.
Makanya, katanya,  Gerindra harus mengajak Partai lain seperti dengan Golkar, PAN, NasDem, PDIP, hingga PKB, kita aktif dalam komunikasi. “Tapi itu menjadi ranah dari teman-teman DPC. Pihak DPC yang melakukan komunikasi,” kata Amin.
DPC memang memberi syarat kepada calon yang mendaftar di Partai Gerindra mendapat dukungan dari partai.”Namun syarat itu menyusul sebelum pendaftaran di KPU Palu dilakukan,” jelasnya.
Pada Minggu kemarin, salah satu balon yang datang memasukan berkas adalah Tompa Yotokodi. Sebelumnya pada Kamis lalu, Tompa datang mengambil formulir di Bansel. “Atas dorongan teman-teman di Fraksi Gerindra, saya memutuskan untuk mendaftarkan diri,” katanya.
Prosesi pengembalian berkas sendiri, tidak berlangsung setelah Bansel memaparkan soal mekanisme penjaringan balon kepala daerah di Partai Gerindra, kemudian disusul dengan sambutan balon. Setelah itu dilakukan pemeriksaan berkas, dan setelah dinyatakan berkas pendaftaran sah akhirnya diterima oleh Bansel.(zai)

Sumber: Radar Sulteng

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button