Harga Beras masih di Atas Rp10 Ribu Per Kg

PALU – Hingga pekan ini harga beras di tingkat pengecer masih cukup tinggi. Pemantauan di tingkat pengecer kemarin, untuk beras kualitas medium saja, harganya masih rata-rata Rp10 ribu per kilogram. Angka ini relatif masih sama dengan pekan-pekan sebelumnya.

“Hasil pantauan kami untuk beras kualitas medium sampai hari ini harga masih rata-rata Rp10 ribu per kilonya,” kata Siti Maemunah SE MM, Kasi pengadaan dan Penyaluran Barang dan Jasa Diskumperindag Sulteng, kemarin.

Dengan adanya operasi pasar beras yang digelar oleh Badan Urusan Logistik (Bulog) seharga Rp7.300 per kilogram, seharusnya harga beras di pasar sudah turun. Namun fakta di lapangan itu menunjukkan belum ada pergerakan penurunanan harga beras yang berarti.

Berbeda dengan beras yang bertahan di angka tinggi, harga bahan pokok yang lain cenderung bertahan di angka normal. Yakni seperti gula pasir, minyak goreng curah, tepung terigu, daging sapi, daging ayam potong, telur dan yang lainnya.

Kemarin harga bahan pokok tersebut masing-masing Rp11 ribu per kilogram untuk gula pasir, Rp12 ribu per kilogram untuk minyak goreng curah, Rp9 ribu per kjilogram untuk tepung terigu merek kompas, Rp95 ribu per kilkogram untuk daging sapi dan Rp28 ribu per kilogram untuk daging ayam potong.

Sementara itu, bahan pokok jenis bumbu-bumbuan seperti cabai merah besar, cabai rawit, bawang merah dan bawang putih cenderung fluktuatif. Bila dibanding pekan lalu, pekan ini bahan pokok jenis bumbu-bumbuan ini mengalami fluktuasi harga yang cukup signifikan.

“sebagai contoh, pekan lalu harga cabai merah besar kering rata-rata Rp18 ribu per kilogram. Pekan ini naik menjadi di atas angka Rp20 ribu per kilogram. Hari ini (kemarin, red) harga cabai merah besar keriting ini mencapai Rp24 ribu per kilogram,” sebutnya.

Kemarin, cabai merah besar biasa mencapai Rp28 ribu per kilogram, cabai rawit hijau mencapai 30 ribu per kilogram dan cabai rawit merah Rp29 ribu per kilogram. Sementara, bawang merah rata-rata Rp27 ribu per kilogram dan bawang putih Rp19 ribu per kilogram.

Pekan lalu (19/3), harga cabai merah besar biasa, cabai rawit hijau, bawang merah dan bawang putih masing-masing Rp30.500 per kilogram, Rp27.500 per kilogram, Rp31.000 per kilogram, Rp23.000 per kilogram dan Rp18.000 per kilogram. (ars)

Sumber: radarsulteng

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button