Hingga Agustus 2014, Nilai Ekspor Sulteng Nihil

PALU – Eskpor Sulteng hingga Agustus 2014 ini terjun bebas hingga ke titik nol alias tidak ada sama sekali. Itu disebabkan karena komoditi yang selalu mendatangkan devisa seperti Nikel dan kakao tidak bisa diekspor lagi.

Komoditi kakao lebih banyak diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri dan kalaupun ada yang diekspor, maka pintu keluarnya melalui pelabuhan di daerah lainnya. Sedangkan nikel, peraturan pemerintah yang mengharuskan perusahaan tambang membangun smelter untuk pengolahan sebelum diekspor, membuat ekkspor juga kandas.

Kasi Ekspor Impor, Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Abd Muin, Selasa (23/9) mengatakan, hilangnya nilai ekspor dari jenis tambang nikel disebabkan kebijakan pemerintah yang mengharuskan investor membangun industri di lokasi eksploitasi.

Kebijakan pemerintah tersebut, telah menimbulkan kelesuan ekspor bahan tambang nikel, sehingga nilai ekspor nikel Sulteng hilang pada tahun 2014 hilang. Kata Abdul Muin, pemerintah provinsi Sulteng mengharapkan adanya investor yang mau membangun industri nikel di Sulteng.

Meski demikian, ia menyebutkan sudah ada rencana investasi pembangunan industri smeler nikel di kabupaten Morowali, yaitu oleh PT Bintang Delapan. “Belum ada informasi kapan dimulainya pembangunan smelter nikel di Kabupaten Morowali itu, tetapi, rencana itu sudah bisa terlaksana.” Sebutnya.

Aktifitas ekspor Sulteng berakhir pada 2013 lalu, dimana ekspor jenis komoditi kakao mencapai 92.673 ton. Ada yang diekspor langsung dari pelabuhan di Sulteng, ada pula yang diekspor melalui beberapa pelabuhan ekspor di Makassar dan Jawa.

Meskipun kualitas komoditi kakao asal Sulteng hanya menempati posisi nomor 2 sebagai bahan campuran, tetapi volume ekspornya sangat besar. Dengan volume ekspor yang besar, telah menggenjot peningkatan pendapatan daerah Sulteng. Dibandingkan tahun 2013, nilai ekspor Sulteng pada 2014 ini benar-benar nihil, sehingga pendapatan daerah Sulteng yang berasal dari kegiatan ekspor dinyatakan nihil. (af/*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button