HMB FMIPA Untad Bantu Masyarakat Sigarongga Berantas Hama Tanaman Kakao Lewat Program Bina Desa

Anggota Himpunan Mahasiswa Biologi (HMB) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tadulako (Untad) jalankan program bina desa bertajuk “Mengabdi Bersama Untuk Mengembangkan Potensi Masyarakat Dusun Sigarongga dalam Upaya Pemberantasan Hama Tanaman Kakao”, bertempat di Dusun Sigarongga, Desa Alindau, Kabupaten Donggala, pada Sabtu-Minggu (18-19/9/2021) lalu.

Selaku Ketua Umum HMB, Safira mengungkapkan bahwa tujuan dari pelaksanaan program bina desa ialah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah tempat mereka melakukan pengabdian. “Tujuan kami melaksanakan kegiatan ini adalah untuk membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah sigarongga dan kami ingin masyarakat makin bertambah pengetahuannya dalam hal penanganan hama penyakit khususnya pada tanaman kakao. Selain itu, kami juga memahamkan masyarakat terkait perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencegahan Covid-19,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Safira menuturkan selama pelaksanaan program bina desa tersebut, mereka disambut baik oleh masyarakat setempat. “Alhamdulillah kegiatan kami mendapat respon baik dari kalangan masyarakat. Bahkan sejumlah tokoh masyarakat ikut terlibat seperti Staff Desa Alindau, Kepala Dusun Sigarongga, Anggota Kepala adat Dusun Sigarongga, serta seluruh masyarakat dusun Sigarongga,” tutur Safira.

Safira juga menjelaskan bahwa kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut diisi dengan berbagai macam kegiatan. “Adapaun kegiatan-kegiatan yang kami laksanakan diantaranya berupa penyuluhan pengendalian hama pada tanaman kakao, penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat dalam rangka pencegahan covid 19, bermain bersama anak-anak setempat dengan membuat kelas alam dan kelas patriot, nonton bareng serta melakukan bakti sosial,” jelasnya.

Safira menambahkan bahwa kedepannya pasca kegiatan tersebut mereka akan tetap melakukan pemantauan terhadap masyarakat setempat terkait dengan penangan hama pada kakao. “Upaya kami berikutnya ialah penyuluhan pengendalian hama penyakit tanaman kakao beserta implementasi yang akan diberikan di kegiatan lanjutan dari bina desa yang telah dilaksanakan. Kami juga akan terus melakukan pemantauan secara berkala terkait perkembangan dari penanganan hama dan penyakit tanaman kakao serta kedisiplinan masyarakat dalam pencegahan Covid 19,” ujar Safira.

Erwin selaku Kepala Dusun Sigarongga mengungkapkan apresiasinya kepada mahasiswa untad yang secara langsung memberi kontribusi positif kepada masyakatnya. “Masyarakat saya di susun sigarongga ini kebanyakan adalah orang pedalaman. Kedatangan mahasiswa untad ke tempat kami ini tentu sangat memberi manfaat. Alhamdulillah saya sangat bersyukur dan saya sebagai kepala dusun sangat berterima kasih kepada mahasiswa untad atas kedatangannya,” ungkap Erwin. (ss-jd)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button