Ini Kecemasan Menko Darmin Hadapi MEA, Pemdanya Masih…

Menteri Koordinator  Perekonomian Darmin Nasution menyatakan, pemerintah pusat sangat siap menyongsong era perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) awal 2016.

Kesiapan pemerintah tercermin dari deregulasi kebijakan bea masuk yang dipangkas. Kebijakan ini kata Darmin  akan menambah stamina daya saing Indonesia lebih kuat.

‎‎”Kita telah melakukan banyak perubahan yang paling nyata adalah perdagangan antara negara-negara ASEAN. Bea masuknya sudah sangat hemat. Mestinya mulai 1 Januari 2016 bukanlah suatu loncatan besar. 90% sekian barang dan jasa kita bea masuknya paling-paling antara 0-5 %,” Kata Darmin, di Jakarta, Kamis (5/11).‎

Hanya saja, mantan gubernur Bank Indonesia itu masih cemas dengan pemerintah daerah. Karena sukses tidaknya Indonesia menjalani MEA bukan di pusat, tapi ada di pundak pemerintah daerah (Pemda).

Pemda jangan melongo saja, harus aktif menyongsong perdagangan antarnegara ASEAN, sebab sebagian besar kegiatan ekonomi bertumpu pada daerah.

Untuk di wilayah perkotaan atau wilayah industri, lanjut Darmin, sudah tidak diragukan lagi bahwa kesiapan untuk MEA sudah memiliki kemampuan lebih.‎

“UKM itu juga selalu punya permasalahan. Jadi pemerintah daerah tentu sangat kita harapkan berperan dan perhatian dari berbagai bidang kegiatan industri dan kerajinan UKM itu,” tandas Darmin.

Sumber: jawapos.com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button