Jembatan V akan Dibangun pada 2015

PALU – Menyiasati kepadatan lalulintas di Kota Palu yang saat ini sudah mulai dilanda kemacetan, Pemkot berencana akan membangun jembatan V pada 2015 mendatang. Lokasi pembangunan jembatan tersebut direncanakan di ujung Jalan Sulawesi menyeberang ke Palu Barat. Jembatan tersebut sekaligus menjadi solusi atas keluhan warga terutama yang berdiam di Jalan Sungai Gumbasa yang sejak dilakukannya rekayasa lalulintas menjadi sepi.

Kepala Bidang Binamarga Dinas PU Kota Palu, Ilyas Ladjintjo seperti dilansir di harian Radar Sulteng mengatakan, pembangunan jembatan tersebut diusulkan oleh Wali Kota Palu, H Rusdi Mastura yang bertujuan untuk kelancaran perekonomian, khususnya bagi para pedagang di bagian Jalan Sungai Gumbasa yang terkena dampak rekayasa lalu lintas. “Pak Wali, ingin perekonomian para pedagang di sekitar Jalan Sungai Gumbasa bisa kembali seperti semua sebelum dilakukan rekayasa lalu lintas,” ujarnya.

Menurut Ilyas, Jembatan tersebut juga akan dijadikan jalur alternatif bagi para pengendara yang ingin menuju ke wilayah Palu Barat khususnya di sekitaran Jalan Sungai Gumbasa sekaligus bisa memecah kepadatan arus lalu lintas agar tidak terlalu padat. “Karena saat ini jembatan I sudah satu jalur, jadi kalau ingin ke wilayah Palu Barat harus memutar lewat di jembatan III, maka dari itu Wali Kota Palu menyarankan untuk dibuatkan jembatan,” ungkapnya.

Menurut Ilyas, jembatan V yang direncanakan tersebut tidak mewah seperti jembatan IV yang kini menjadi salah satu ikon Kota Palu, karena selain faktor biaya, juga harus disesuaikan dengan kampuan anggaran daerah. “Wali Kota menginginkan sesuai kebutuhan saja supaya roda perekonomian yang ada di Jalan Gumbasa dan sekitarnya itu seperti yang dulu,” ungkapnya.

Ilyas mengaku sudah melakukan survei dan untuk ganti rugi pembangunan jembatan tersebut relatif tidak terlalu banyak. “Kalau untuk di bagian Jalan Sulawesi tidak ada, hanya akan dilakukan pelebaran jalan, kurang lebih sampai 11 meter,” tambahnya. (af/*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button