Kadis Pertanian Banggai Diperiksa Reskrimsus

LUWUK – Dalam upaya mengungkap kasus dugaan korupsi pada pembebasan lahan Bandar Udara (Bandara) Sukuran Aminudin Ami (SAA), Bubung, Luwuk yang merugikan negara mencapai Rp973 juta, Reskrimsus Polres Banggai terus melakukan penyidikan.

“Kami telah memanggil dan memeriksa Kadis Pertanian Kabupaten Banggai, Haris Hakim sebagai anggota tim penilai harga tanah. Yang bersangkutan telah memberikan keterangan sesuai kapasitasnya sebagai tim penilai harga tanah,” ujar Kanit Reskrimsus Polres Banggai Ipda Ridwan, belum lama ini.

Pemanggilan dan pemeriksaan Kadis Dinas Pertanian tersebut, karena dalam berita acara penilaian harga tanah terdapat tanda tangannya. Oleh Haris Hakim mengakui, itu tandatangannya, tetapi dia lupa kapan dia menandatangani berita acara tersebut.

Yang pasti, kata Haris Hakim, pihaknya tidak pernah turun ke lapangan untuk memeriksa lokasi yang akan dibebaskan terkait dengan pembangunan navigasi Bandara SAA itu. Bahkan dia juga mengaku tidak pernah mengikuti rapat pertemuan yang membahas masalah penilaian harga tanah tersebut.

Ia memnita waktu untuk mengingat kembai kapan dirinya membubuhi tandatangan tersebut. Apakah sengaja diselipkan dalam berkas yang akan ditandatangani atau dia yang bertandatangan langsung dalam berita acara tersebut.

Kadis Pertanian Kabupaten Banggai menolak memberikan keterangan saat dicegat usai pemeriksaannya di ruang Reskrimsus. Ia hanya menybeutkan bahwa semua keterangan telah diberikan kepada penyidik Reskrimsus yang memeriksanya terkait masalah pembebasan lahan untuk Bandara SAA. (rd)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button