Kalahkan Incumbent, Dr dr Ardi Munir Terpilih Jadi Dekan Fakultas Kedokteran UNTAD

Dr Dokter Muh Ardi Munir SpOT MKes MH terpilih sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako (FK UNTAD) periode 2021-2025. Dr Ardi, sapaannya, terpilih sebagai Dekan FK setelah mengungguli calon incumbent, Dr Dokter Muh Sabir MSi dalam pemilihan yang dilaksanakan pada Rabu (14/7) di Fakultas Kedokteran UNTAD.

Dr Ardi Munir, dalam pemilihan itu meraih 10 suara, sekaligus memupuskan harapan Dr Sabir untuk menjadi Dekan FK dua periode karena kandas dalam perolehan suara yang hanya meraih 6 suara, dan 1 suara tidak sah. Sesuai Statuta UNTAD, selain suara anggota Senat, Rektor UNTAD juga turut memberikan 35 persen hak suaranya.


Rektor UNTAD, Prof Dr Ir Mahfudz MP IPU ASEAN Eng, yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan (Warek Biduk), Prof Dr Muhammad Nur Ali MSi menitipkan harapan agar Dr Ardi Munir dapat meneruskan perjuangan agar membawa FK UNTAD semakin berkualitas. Tidak lupa, saat diwawancara terpisah, Prof Nur Ali menyampaikan petuahnya agar Dr Ardi dapat menjadi pemimpin yang mampu mengayomi, baik terhadap dosen, pegawai, terutama mahasiswa. Pemimpin yang senang mengayomi biasanya menang dibenci oleh mereka yang masih idealis. Terima itu, kata Warek Biduk. Khususnya dosen-dosen dengan latar keilmuan yang beragam, Mulai dari dokter, dokter gigi, psikolog, dan keperawatan juga harus diayomi, jangan biarkan tumbuh dan berkembang faksi-faksi keegoan keilmuan. Membina mereka yang kadang masih muncul ego sentris, pinta Warek lagi.

“Saya kira Bapak Dr Ardi memiliki kemapanan berpikir yang dapat mengayomi. Apalagi sebagai alumni S3 Ilmu Sosial dengan konsentrasi perencanaan kesehatan sosial, ditambah pengalaman Beliau sebagai Dokter Spesialis, Bapak Dr Ardi dapat menakhodai FK dengan mengedepankan nilai humanis,” pesan Prof Nur Ali.

Salah seorang alumni FK yang saat ini bertugas sebagai dokter di salah satu faskes di Kota Palu saat dimintai tanggapannya turut bergembira atas terpilihnya Dr Ardi Munir. Sebagai alumni, dokter yang berpesan agar namanya tidak dituliskan itu menuturkan, dirinya berbangga karena FK UNTAD kini dipimpin oleh Dekan yang berlatar belakang Spesialis.

“Ini harapan kami karena ke depan FK UNTAD dapat semakin kuat mengembangkan jejaring, terutama dengan rumah sakit. Sebagai dokter spesialis, Dokter Ardi memiliki kapasitas mumpuni untuk itu. Bahkan pihaknya mendengar jika dokter Ardi bisa merangkul semua bahkan beliau terpilih dengan dukungan senior berbagai bidang keilmuan, termasuk dokter gigi dan keperawatan. Semoga pak Dokter nanti bisa menunjuk wakilnya yang sejalan hatinya ke depan,” ujarnya menutup pembicaraan.

Related Articles

Back to top button