Kapal Kayu Diselamatkan TNI AL

PALU – Sebuah kapal bermuatan beras yang mengalami kerusakan mesin dan terapung-apung di Selat Makassar berhasil diselamatkan oleh TNI AL, Jumat (19/9).
Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Palu Kolonel Laut (P) Ferry Supriady mengatakan, awal mulanya kapal kayu tersebut terpantau oleh radar kapal TNI AL, kemudian ditarik ke dermaga TNI AL di Watusampu, Palu.
Kapal itu sebutnya bertolak dari Pare-Pare, Sulawesi Selatan dan hendak menuju ke Berau, Kalimantan Timur. Karena kerusakan mesin, kapal itu tidak bisa bergerak. Kapal TNI AL yang datang menyelamatkannya menariknya ke deramaga TNI Al.
Di lambung kapal itu berlabel Dua Putra dengan enam orang awak dan memuat belasan ton beras dan sejumlah bahan makanan lainnya. Kapal itu seharusnya tiba di Pelabuhan Berau pada 12/9 lalu dan selama empat hari terombang-ambing di tengah laut.
Penyebab kerusakan mesin itu sendiri belum diketahui namun diduga karena jarang dirawat secara berkala dan ada suku cadang yang harus diganti.
Awak kapal tersebut sebelumnya telah berusaha memperbaiki mesin kapal, namun belum berhasil hingga akhirnya ditolong oleh aparat TNI AL.
Seluruh awak kapal saat ditemukan dalam keadaan sehat. Saat ini kapal tersebut masih diperbaiki di Dermaga Watusampu, dan diharapkan secepatnya bisa kembali melakukan pelayaran ke Kalimantan. (af)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button