Karnaval Budaya Tandai Pembukaan FTP 2014

PALU – Event tahunan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Palu yakni Festival Teluk Palu (FTP) resmi dimulai ditandai dengan karnaval budaya, Sabtu (27/9/2014) bertepatan dengan peringatan HUT ke-36 Kota Palu.

Karnaval buaya berupa parade dokar hias, drum band sekolah, pakaian adat, dan kesenian tradisional dari berbagai daerah termasuk dari perwakilan Mamuju, Sulawesi Barat itu start dari Lapangan Vatulemo, depan Kantor Walikota Palu dan berakhir di arena utama FTP di lokasi rekalamsi pantai Teluk Palu.

Ribuan warga tumpah ruah di jalan untuk menyaksikan karnaval budaya tersebut. Beberapa ruas jalan macet total akibat banyaknya dokar hias yang beriringan di sepanjang rute yang dilalui. “Tahun ini lebih banyak dokar hias yang ikut,” kata Budi, salah seorang warga Besusu Tengah menanggapi parade dokar hias tersebut.

Sejumlah tim kesenian dari luar Palu seperti Reog Ponorogo, Kuda Lumping, Barongsai, bahkan rebana kontemporer yang dipersembahkan tim dari Mamuju, Sulbar memeriahkan acara pembukaan tersebut.

Walikota Palu, Rusdi Mastura menyambut baik pelaksanaan kegiatan tersebut. Kata Cudi, demikain Walikota Palu Rusdi Mastura disapa, event tahunan itu diharapkan bisa dilaksanakan lebih lagi agar keinginan untuk mendatangkan wisatawan bisa tercapai. Menurutnya, Kota Palu semakin berkembang, dan sejalan dengan itu, harus lebih banyak lagi yang bisa dipersembahkan agar orang-orang dari luar dapat melirik Palu.

Keindahan Teluk Palu menurutnya adalah modal besar untuk berbuat begitu banyak bagi kemajuan daerah. Karena itu, setiap even harus dikelola dengan baik dan mencitrakan diri sebagai daerah yang khas dengan pesonanya dan tentu saja dengan keragaman budayanya.

FTP 2014 terebut akan berlangsung selama tiga hari mulai dari 27 sampai dengan 29 September 2014. Beragam lomba dan penampilan akan disajikan, seperti lomba kesenian tradisi, musik, fotografi, pemilihan Randa nte Kabilasa. Juga dilaksanakan lomba yang terkait dengan Teluk Palu seperti lomba rakit hias, lomba renang, lomba perahu layar, dan juga lomba pacuan kuda di pesisir pantai Teluk Palu. (af)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button