Kekhawatiran Sang Bunda terhadap si Buah hati tercinta

Menantikan kelahiran sang buah hati pasti jadi momen yang paling mendebarkan. Namun tidak hanya mendebarkan, kekhawatiran ibu hamil terhadap janin tidak dipungkiri jadi momok tersendiri. Iya, tidak jarang menyadari bahwa adanya makhluk hidup kecil dalam rahim tentu memberi rasa kuatir dan ketakutan bagi sang ibunda. Apalagi kalau kehamilan ini jadi yang pertama bagi Anda.

Yang pasti ingatlah bahwa yang terpenting adalah jaga kesehatan Anda. Tidak perlu khawatir dan panik. Justru hal tersebut malah akan membahayakan kandungan Anda. Jangan lupakan pula untuk daftarkan diri Anda sebagai anggota BPJS Kesehatan mulai sekarang ini. Proses persalinan pun akan jadi lebih lancar.

Nah, terakit kekhawatiran ibu hamil terhadap janin, berikut beberapa hal yang menakutkan para Bunda:

  1. Mengalami keguguran

Ya, keguguran adalah salah satu momok paling menakutkan bagi para ibu hamil. Jika terdapat rasa sakit dan perdarahan ketika di awal kehamilan maka segera konsultasi dengan dokter. Dengan begitu, Anda dan keluarga akan mengetahui sebabnya. Jika memang baik-baik saja maka ini waktunya untuk tidak berpikir negatif.

  1. Khawatir tak sengaja terbentur atau menyakiti bayi

Khususnya calon ibu yang hamil untuk pertama kali tidak jarang merasa paranoid soal ini. Namun sebagai informasi saja, bayi dalam kandungan dilindungi oleh satu ton cairan ketuban sehingga hampir tidak mungkin menyakiti janin. Namun memang ya tetap berhati-hati.

  1. Bayi terlahir cacat

Cacat bawaan memang tidak bisa dicegah namun kejadian ini hanya sekitar 3 atau 4 persen saja. Jadi bisa dikatakan bayi yang baru lahir tidak akan mengalami cacat. Semua bergantung pada ibu sebenarnya. Sangat penting bagi para calon ibu untuk menjauhi rokok, alkohol dan juga obat-obat tertentu yang bisa memperbesar risiko bayi terlahir cacat.

  1. Melahirkan bayi prematur

Risiko melahirkan bayi prematur biasanya terjadi pada mereka yang punya riwayat melahirkan prematur atau pernah mengalami pendarahan sebelumnya. Jadi, selama kondisi sang ibu sehat-sehat saja, ta perlu kuatir akan melahirkan bayi secara prematur. Ibu hamil yang tidak terlalu drastis mengalami kenaikan berat badan justru lebih berisiko rendah untuk melahirkan secara prematur.

  1. Tidak punya cukup tenaga ketika mengejan saat persalinan

Anda mungkin khawatir dengan gambaran-gambaran selama ini mengenai proses persalinan. Ada yang bahkan khawatir sulit mengejan hingga mengeluarkan kotoran pada saat mengejan. Sebenarnya Anda tak perlu khawatir karena tenaga medis tahu apa yang harus dilakukan. Memang proses persalinan cukup menyakitkan namun bisa diminimalisir dengan beberapa metode. Sebut saja anestersi spinal dan juga epidural, teknik relaksasai dan juga pernapasan. Keluarnya kotoran pada waktu mengejan, dokter sudah biasa melihat jadi tidak perlu takut. Justru kadang kalau tidak keluar kotoran, hal ini bisa jadi tanda ibu hamil kurang kuat mendorong dan mengejan.

Nah, bagaimana, Bunda? Apakah masih merasa terlalu khawatir? Wah, sebaiknya, justru mulai sekarang Anda lebih baik berhenti terlalu paranoid. Kekhawatiran ibu hamil terhadap janin yang terlalu berlebihan justru hanya akan membahayakan calon buah hati Anda. Sebaliknya, rilekskan tubuh dan pikiran Anda sehingga bisa lebih fokus menjaga kesehatan diri Anda dan juga janin tersayang Anda. Proses persalinan juga nanti tentu akan jadi lebih mudah karena rasa rileks tersebut. Sebagai pengingat, jangan lupa siapkan BPJS Anda ketika proses persalinan nanti ya! Dengan begitu, biaya persalinan yang cukup tinggi bisa sedikit berkurang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button