Kemendikbud Tertarik Buka Kuliah Daring di Untad

PALU – Kementerian Pendidikan RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tertarik membuka kuliah Daring (Dalam Jaringan) di Universitas Tadulako (Untad). Itu disampaikan oleh Direktur Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dr. Ila Saila, M.Si usai pemilihan Rektor Untad di IT Center Untad, Kamis (9/10).

Ila menilai, fasilitas yang dimiliki oleh Untad saat ini terutama yang ada di gedung Information and Technology (IT) Center cukup memungkinkan pembukaan kuliah Daring itu. Kuliah Daring adalah Kuliah Dalam Jaringan dimana mahasiswa dan dosen tidak perlu bertemu atau bertatap muka secara langsung, tetapi cukup melalui layar kaca.

“Dengan kuliah Daring itu, mahasiswa tidak harus berdomisili di sini, tetapi bisa saja dari daerah lain, mereka cukup memiliki fasilitas IT seperti ini, tetapi penyelenggara pendidikannya tetap atas nama Universitas Tadulako,” sebut Ila.

Tapi nantilah sambung Ila. Ia berjanji akan mendiskusikannya di tingkat pusat dulu untuk kemungkinan-kemungkinan tersebut.

Ila mengakui, telah terjadi perubahan luar biasa di Untad sejak beberapa tahun terakhir ini. “Saya terakhir kali ke Untad ini tahun 2011. Dan suasananya sudah sangat berbeda. Terus terang, dulu Untad kelihatan sangat konvensional, tapi sekarang baru masuk ke gerbangnya, waowww… luar biasa, seperti masuk ke dalam mall,” puji Ila.

Apalagi setelah masuk ke IT Centernya lanjut Ila lagi, gambaran tentang universitas modern sangat terlihat. “Nah itu yang mendasari kenapa saya mengusulkan agar di Untad ini dibuka kuliah Daring, faslitas yang dimiliki sangat memungkinkan,” ulangnya.

Mudah-mudahan katanya, diskusi yang akan dilakukan di tingkat pusat nanti akan disetujui sehingga lebih banyak orang yang bisa menikmati fasilitas pendidikan di univresitas terbesar di Sulawesi Tengah tersebut. (af)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button