Trending

Ketua LPPMP dan Jajaran Pusbang Silaturahim ke Ketua Senat

Untuk Dokumen SKPI Telah Ikut Disahkan dalam Rapat Senat

Keberadaan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi setiap lulusan, adalah menjadi hak yang wajib diserahkan kepada alumni. Dalam SKPI tersebut memuat komptensi-kompetensi yang dimiliki seorang lulusan sehingga memudahkan seorang pemegang ijazah diketahui kompetensinya yang menonjol dibanding lulusan lainnya, sekalipun seorang alumni memiliki ijazah dari prodi yang sama. Oleh karena itu, sangat diharapkan agar dokumen kebijakan SKPI untuk mendapat pengesahan dari senat.

Ketua LPPMP Dr Golar saat menyampaikan penjelasan dalam pertemuan dengan Ketua Senat (ist)

Demikian uang terungkap dari penjelasan Ketua Lembaga Penjaminan dan Pengembangan Mutu Pendidikan (LPPMP), Dr. Ir. Golar Basor, S.Hut. MP. IPM., ketika bersilaturahim dengan Ketua Senat Untad, Prof Dr Ir M Basir Cyio, SE.MS.IPU.ASEAN Eng., di ruang meeting ketua senat, Lantau III Bagian Utara pada Jumat (24/9). Mendengar penjelasan tersebut, Prof Basir mengatakan bahwa dalam rapat senat belum lama ini, telah ikut mengesahkan semua dokumen kebijakan akademik dari empat komisi yang ada di Senat Universitas Tadulako. Bahwa ada catatan-catatan penguatan pada masing-masing dokumen, kata Prof Basir, hal itu tidak masalah. “Semua dokumen sudah disahkan yang selama ini sempat tertunda karena kondisi pandemic Covid-19”, tegas Prof Basir.

Dalam silaturahim itu, selain dihadiri oleh Ketua LPPMP, juga hadir Sekretaris LPPMP, Dr Hj Zakiyah SE MM. Dari jajaran Pusbang, turut hadir Dr H Darma Halwi SE MSi Ak dan Dr Rismawati, Koordinator dan Sekretaris Pusat Bimbingan Kewirausahaan, Traser Study, Bursa Kerja dan Karier; Drs Syamsu MSi Koordinator Pusat Pelayanan Akreditasi dan SMI; Dr Sayekti dan Dr Basri, Koordinator dan Sekretaris Pusbang PPMPT; dan Dr Afadil Koordinator Pusbang PMPP.

Ketua LPPMP dan jajaran Pusbang saat bersilaturahim dengan Ketua Senat (ist)

Dalam pertemuan tersebut, juga disebutkan beberapa kendala, walaupun menurut Ketua LPPMP Dr Ir Golar, secara perlahan dibenahi yang masih kurang dan diupayakan yang masih tersendat. Baik terkait dengan tracer study yang menjadi bidang Dr Darma Halwi maupun yang disampaikan oleh koordinator lainnya. Menurut Prof Basir Cyio, jika masih ada dokumen yang dapat memberi penguatan terhadap pelasanaan akademik, mohon disampaikan ke komisi-komisi yang menangani, sehingga dalam rapat senat tinggal dilakukan pengesahan jika masing-masing komisi telah membahasnya, terang Prof Basir.

Sebelum mengakhiri silaturahim, Ketua LPPMP memohon kesediaan Prof Basir Cyio dalam kapasitas pribadi untuk memberikan materi dalam kegiatan seminar penguatan layanan prima yang beberapa tahun lalu pernah dicetuskan. “Saya ini mana-mana, jika diminta, saya bersedia, tentu dengan segala keterbatasan pada saya. Saya ini bukan pakar administrasi, bukan juga pakar manajemen. Tetapi jika diajak berbagai, modal saya hanya satu, sekadar sebagai praktisi dalam layanan administrasi dan juga sebagai praktisi manajemen,” jelas Prof Basir.

Mendengar itu, Dr Ir Golar kembali meminta bahwa atas pengalaman panjang itulah, kami memohon kesediaannya untuk berbagai atas pengalaman, mulai sebagai Sekretaris Lemlit, sebagai PD I Faperta, sebagai Dekan Faperta, dan sebagai Rektor dua periode pada masanya. “Mohon itu dibagikan kepada kami, sebab antara pakar dan praktisi memang memiliki nilai masing-masing dalam konteks implementasi,” kata Dr Ir Golar diakhir permintaanya setelah bubar dari meeting. (ss03/ss05)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button