Trending

Komisi I Setujui Andika Perkasa sebagai Panglima TNI

Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. Persetujuan itu dilakukan setelah Komisi I menggelar uji kepatutan dan kelayakan calon Panglima TNI, pada Sabtu (6/11).

Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR menyatakan komisi yang dipimpinnya menyetujui Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai Panglima TNI menyahuti usulan Presiden Joko Widodo. “Selanjutnya, hasil Komisi I ini akan dibawa dalam Paripurna DPR dalam waktu dekat,” ujar Meutya Hafid.

Komisi I DPR juga menyetujui pemberhentian Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan memasuki masa pensiun. Sebagaimana UU TNI, Presiden mengajukan nama calon panglima kepada DPR, dan diproses di Komisi I, ditetapkan di rapat paripurna, dan dilantik oleh Presiden RI.

Andika Perkasa merupakan perwira TNI Angkatan Darat dengan pangkat Jenderal atau bintang empat. Saat ini, Andika Perkasa merupakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang dijabatnya sejak November 2018. Sebelumnya, Andika Perkasa pernah menjabat sebagai Komandan Paspampres, dan Pangkostrad, Pangdam dan beberapa jabatan strategis di Angkatan Darat. (ss11)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button