KPU Palu Dilanda Kebingungan

zatriawati
Zatriawati fot: dok pribadi

PALU – Hampir semua KPU yang ada di daerah dilanda kebingungan, tak terkecuali KPU Kota Palu. Bagaimana tidak, Peraturan KPU (PKU) yang menjelaskan semua teknis penyelenggaraan pemilukada hingga saat ini belum disahkan.

“Bagaimana kita mau jalan jika PKPU tentang Pilkada belum diberi nomor. Kalau PKPU sudah disahkan, kita ini sudah jalan dan sudah pasti akan mengumumkan pendaftaran PPK dan PPS,” ujar Komisioner KPU Palu, Zatriawati SE, Jumat (10/4).

Meski begitu pihaknya tetap melakukan persiapan-persiapan yang diperlukan terkait Pilwakot yang dijadwalkan pada akhir tahun ini.

Soal syarat untuk memilih? Zatriawati yang juga  Koordinator Divisi Teknis KPU Palu itu menyatakan menyebutkan, tidak berubah dibanding pemilukada sebelumnya. Syarat pemilih itu diatur dalam Undang-Undang  Nomor 8 tahun 2015 tentang Pilkada.

Warga yang tidak terdaftar sebagai pemilih masih bisa menggunakan KTP elektronik, KK, atau identitas lain. “Jadi tidak ada yang berubah dengan aturan syarat pemilih,” jelasnya.

Terkait terkait pemuktahiran data pemilih, akan diawali dari penyerahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.(afd)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button