Mei 2015, Sejumlah Traffic Light Bakal Diganti ATCS

PALU – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Palu bakal mengganti sejumlah traffic light dengan Area Traffic Control System (ATCS) di beberapa perempatan jalan di Kota Palu. ATCS tersebut direncanakan dipasang mulai Mei 2015.

ATCS yang dilengkapi dengan CCTV itu akan memudahkan memantau situasi lalu lintas, sehingga membantu pengawasan seperti kecepatan kendaraan, tindak kriminalitas dan informasi kepada masyarakat bila terjadi kemacetan di suatu titik.

Biaya untuk pemasangan ATCS itu mencapai Rp.1 miliar dan dalam pengoperasiannya dapat dikontrol secara mobile dengan menginstal sebuah aplikasi di smart phone. “Nantinya aplikasi tersebut akan menampilkan gambar kondisi ter-update yang terpantau oleh kamera pada ATCS,” jelas Kabid Pengendalian Pengawasan Lalu Lintas Dishubkominfo Kota Palu, Denny R Sumolang.

Ditanya traffic light yang lama, Danny menyatakan akan direlokasi ke simpang jalan lainnya yang membutuhkan. Ia mengaku sudah mengidentifikasi sejumlah tempat yang membutuhkan traffic light tersebut. Sayangnya, tempat-tempat tersebut tidak dirincinya.

Dari pembaca mungkin ada usulan perempatan jalan yang sudah memerlukan traffic light tersebut..? (afd)

Sumber: beritapalu.com

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button