Mesin PLTD Silae Diminta tak Direlokasi

PALU – Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola MSi, meminta PT PLN Area Palu agar tidak melakukan relokasi sejumlah mesin diesel di PLTD Silae, setelah sumber energi transmisi 105 kV beroperasi masuk ke Palu. Permitaan tersebut ditujukan untuk mengantisipasi kemungkinan ganguan PLN jika PLTA nantinya sudah beroperasi.

“Saya mohon dengan sangat, agar diesel-diesel yang sudah ada tidak direlokasi supaya ada cadangan ketika (tenaga listrik) sumber daya air, ada ganguan,” pinta Gubernur ketika berkunjung ke PLN Area Palu, Sabtu (31/1).

Menurut Gubernur permintaan itu berdasarkan pengalaman yang dialami daerah lain. Menurutnya, di daerah-daerah lain yang hanya mengandalkan dengan potensi alam yang ada seperti PLTA, dapat mengalami masalah pemadaman tiba-tiba, sehingga terpaksa kembali mengalami pemadaman karena tidak memiliki candangan energi lain. “Ini harusnya betul-betul dipikirkan oleh PLN agar kita tidak mengalami seperti itu,” jelasnya.

Selain itu, permitaan tersebut dinilai Gunernur sangat beralasan, karena di sisi lain di sistem Palapas (Palu, Donggala, Parigi, dan Sigi) juga semakin mengalami pertumbuhan pelanggan. Hingga saat ini, tercatat PLN mengalami surplus dari angka 7 sampai 8 megawatt. Jika diesel tidak direlokasi, maka akan bisa memenuhi semua kebutuhan listrik kepada calon-calon pelanggan lainnya.

“Apa bila energi ini sudah masuk semua permintaan pemasangan baru di seluruh masyarakat, harus bisa tersambung, sehingga tidak ada alasan tidak tersambung karena kekurangan daya,” tandasnya.

Sementara itu, Manager PLN Area Palu Novalince Pamuso, mengatakan pihaknya akan melayangkan surat perpanjangan kontrak pada mesin sewa PLTD yang saat ini digunakan, agar ke depannya kebutuhan listrik bisa dimaksimalkan kepada seluruh pelanggan. “Kita akan sampaikan ke PLN pusat masalah perpanjangan kontrak untuk mesin sewa ini agar bisa menjadi cadangan, dan juga akan difungsikan untuk memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan,” katanya. (af/*)

Sumber: Radar Sulteng

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button