Panen Kecaman, Pengkritik Putri Obama Mundur

WASHINGTON – Kecaman publik Amerika Serikat (AS) memaksa Elizabeth Lauten mengundurkan diri. Gara-gara mengkritik dua putri Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama melalui Facebook, direktur komunikasi Stephen Fincher itu panen kecaman. Pada Senin waktu setempat (1/12), dia akhirnya meletakkan jabatan.

”Lauten telah resmi mundur,” kata Jessica Carter, kepala staf Fincher, dalam wawancara dengan media. Sayangnya, dia tidak bersedia memberikan keterangan yang lebih terperinci terkait pengunduran diri rekan kerjanya tersebut. Sementara itu, Fincher yang merupakan anggota Kongres AS dari Partai Republik memilih untuk tidak mengomentari peristiwa tersebut.

Akhir pekan lalu, bertepatan dengan perayaan Thanksgiving, Lauten menggemparkan publik AS. Melalui akun Facebooknya, dia mengomentari Malia dan Sasha yang mendampingi sang ayah dalam perayaan Thanksgiving di Gedung Putih. Saat itu dia menyoroti pakaian yang dipakai dua putri Obama tersebut. Dia menganggap bahwa Malia dan Sasha tidak sopan karena memakai rok pendek.

”Berpakaianlah yang pantas agar orang lain menghargai Anda, tidak memberiAnda tempat di bar,” saran Lauten kepada Malia dan Sasha. Pada laman Facebook-nya, dia juga mengkritik Obama dan istrinya, Michelle, yang dianggapnya tidak bisa memberikan teladan yang baik kepada dua putri mereka. Dalam hitungan detik, paparan Lauten itu langsung menuai kritik dan kecaman.

”Kami sangat terkejut membaca kritik bertema Thanksgiving kepada keluarga presiden. Publik AS seharusnya paham bahwa putri-putri presiden bukanlah bahan kritik,” ungkap Josh Earnest, salah seorang jubir Gedung Putih. Begitu kritiknya menjadi bumerang, Lauten buru-buru meminta maaf. Dia juga langsung menghapus komentar miringnya kepada putri-putri Obamatersebut. Tapi, semua itu sudah terlambat. (AP/AFP/hep/c22/ami)

Sumber: Lansiran Jawapos

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button