Pemkot Belum Anggarkan Perpanjangan Landasan Bandara

PALU- Pemerintah Kota (Pemkot) Palu menargetkan mulai tahun 2015 sampai 2019 akan kembali melakukan perpanjangan landasan pacu Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu menjadi 3.000 meter. Pasalnya, panjang tersebut merupakan ukuran ideal bagi landasan pacu pada umumnya.

Asisten I Pemkot Palu, Drs Arfan mengungkapkan panjang landasan Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu baru sekitar 2.500 meter. Rencananya, perpanjangan landasan pacu akan dilakukan ke arah utara atau ke arah wilayah Jalan Maleo atau Kelurahan Lasoani.

”Karena itu kita targetkan pada tahun 2015 sampai 2019 kita dapat melakukan penambahan panjang landasan pacu bandara,” katanya kepada Radar Sulteng beberapa waktu yang lalu.

Meski begitu, dapat dipastikan pengerjaan perpanjangan sekitar 500 meter landasan pacu Bandara tersebut tidak akan dilakukan Tahun 2015 ini. Pasalnya, Arfan mengungkapkan perpanjangan landasan pacu tersebut masih sebatas rencana. Olehnya, kata dia, Pemkot Palu belum menganggarkan perluasan Bandara Mutiara Sis Al Jufri Palu.

”Jadi kita belum anggarkan, hanya kita saat ini baru membuat proposal yang akan kita ajukan ke Gubernur Sulteng. Kiranya Bapak Gubernur dapat membantu, namun yang jelas ini semua dalam perencanaan,” ungkapnya.

Arfan mengaku sembari menunggu jawaban, pihaknya kini masih dalam tahap identifikasi pemilik tanah yang wilayah atau tanahnya terkena dampak dari perpanjangan landasan pacu. Di mana Pemkot akan membebaskan tanah yang masuk dalam radius 500 meter arah utara dari lokasi Bandara saat ini.

“Kita baru identifikasi tanah-tanah masyarakat yang terkena perluasan ini, karena kita akan membebaskan sekitar 500 panjang dan lebar 500 meter persegi ke arah utara,” ungkapnya.

Untuk itu, Arfan mengungkapkan titik-titik rencana perpanjangan bandara sudah diketahui masyarakat. Dengan begitu, pihaknya berharap masyarakat yang telah mengetahui wilayahnyanya terkena perpanjangan dari Bandara tidak melakukan pembangunan di wilayah lokasi tersebut.(nto)

Sumber: Radar Sulteng

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button