Penambahan Mesin di PLTU Tak Rusak Lingkungan

PALU-Pengoperasian mesin unit 3 dan unit 4 PLTU Mpanau yang memantik kekhawatiran warga atas bertambahnya polusi abu dan getaran, ditanggapi berbeda oleh Wali Kota Palu H Rusdy Mastura. Pemimpin Kota Palu ini bahkan menegaskan menegaskan penambahan mesin unit 3 dan 4 PLTU Mpanau, dipastikan tidak membawa damak buruk bagi lingkungan di sekitarnya.

Penyatanyaannya itu ditegaskan kepada Radar Sulteng, usai melepas rombongan peserta Pelatihan Olahan Pagan Agro Industri di Lembaga Pengembangan Teknologi Tepat Guna (LPTTG) Malindo, Masamba, Luwu Utara, Selasa (17/3).

Kata Cudy msapaan akrab Wali Kota, menyatakan bahwa penambahan mesin unit 3 dan 4   PLTU sudah memalui tahapan kajian lingkungan, sehingga dipastikan tidak akan ada dampak burung di wilayah tersebut. “ Ini semua sudah melalui kajian analisis dampak lingkungan. Seandai berdampak pada lingkungan tentu penambahan mesin ini tidak dilakukan,” tegasnya.

Cudy lantas melontarkan penyataan bahwa seharusnya masyarakat bersyukur dengan adanya penambahan mesin unit 3 dan 4   PLTU, karena akan menambah daya listrik di Kota Palu. Karena kedua mesin tersebut ditargetkan bisa menghasilkan daya sekitar 65 megawatt. Bukannya malah mengkhawatirkan dampak buruk yang ditimbulkannya. “Jadi dipastika ke depan tidak ada lagi masalah mati lampu di Kota Palu,” jelasnya.

Bahkan Cudy mengundang secara terbuka bagi warga yang menolak atau keberatan dengan adanya penambahan mesin unit mesin unit 3 dan 4 diharapkan bisa langsung datang dan menghadap kepada dirinya di Kantor Wali Kota. “ Karena itu kalau ada yang tidak sepakat dan terkena dampaknya langsung datang ke kami ke Pemkot, kami ingin melihat apa dampaknya. Selama ini tidak ada juga yang keberatan dari masyarakat. Jadi yang keberatan datang ke kami, saya siap melayani apa yang menjadi tuntutan mereka, ” kata Cudy.(nto)

Sumber: Radar Sulteng

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button