Petani Temukan Dua Kerangka Mayat

POSO – Dua kerangka manusia ditemukan di lokasi perkebunan warga di Kelurahan Sayo kecamatan Poso Kota Selatan, Jumat (20/2). Kerangka manusia yang diduga telah berumur ratusan tahun ini ditemukan pertama kali oleh seorang petani yang tengah menggali tanah untuk pembuatan jalan tani secara swadaya.
Selain kerangka berupa batok kepala, gigi, dan tulang-belulang (kaki, tangan, badan), ditemukan pula empat buah piring makan bertuliskan bahasa belanda, belasan uang koin zaman dulu, dan beberapa buah mangkuk. Temuan petani langsung dilaporkan ke Polres Poso. Tak lama berselang, tim inafis Polres yang dipimpin AKP Yusran langsung menuju lokasi (TKP) untuk proses identifikasi. Setelah dilakukan identifikasi di TKP, kerangka manusia tersebut dibawa ke Mapolres Poso untuk proses penelitian.
Irfan (47), warga Sayo pemilik lokasi (kebun) penemuan kerangka menjelaskan, dua kerangka manusia yang masih lengkap tersebut ditemukan dalam posisi berdekatan. Tempat penemuan kerangka merupakan bagian dari alur jalan tani lokasi yang sedang dikerja warga secara gotong-royong (swadaya). “Pas tanah digali untuk diratakan jadi jalan tani, disitulah ditemukan kerangka manusia ini,” katanya mengawali cerita di lokasi penemuan.
Yang pertama kali ditemukan, lanjut Irfan, adalah piring. Piring bermotif lawas ditemukan karena terkena cangkul petani saat penggalian tanah dilakukan pada kedalaman 80-an cm. “Kami kira cuma piring tua yang ada. Eh ternyata makin maju kita mencangkul tanah ditemukan tulang-tulang manusia, mangkuk, piring, dan uang koin,” terangnya.
Saat ditemukan, posisi dua buah piring berada di samping masing-masing kerangka. Sementara dua piring lain, masing-masing berada di bawah kerangka batok kepala. Karenanya muncul dugaan dua buah piring yang letaknya berada di masing-masing bawah kerangka  batok kepala berfungsi sebagai bantal saat jenazah dikuburkan saat itu. Sementara posisi mangkuk-mangkuk dan belasan uang koin juga terletak tak jauh dari kedua kerangka yang ditemukan.
Di lokasi penemuan, polisi menduga kerangka manusia yang ditemukan bersama barang-barang antik seperti piring, mangkuk, dan kepingan uang koin sudah berumur ratusan tahun. Indikasinya dilihat dari jenis dan bentuk barang yang ditemukan sudah cukup lama. (bud)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button