PLN Berencana Istirahatkan PLTD Silae

PALU – Masuknya transmisi listrik dari PLTA Sulewana Poso ke Palu disambut gembira sejumlah pihak, tak terkecuali PT. PLN Cabang Palu yang selama ini jadi bulan-bulanan pengeluhan warga akibat pemadama bergilir. Bahkan tambaha suplay listrik itu membuat PLN bisa berhemat diesel yang selama ini digunakan untuk membangkitkan PLTD Silae.

Manager PT PLN Area Palu, Novalince mengatakan, pihaknya kini bisa menghemat biaya bahan bakar minyak (BBM) hingga Rp331,2 miliar per tahun. “PLTA Sulewana Poso sekarang ini sudah menyuplai daya sebesar 24 MW ke PLN Area Palu, sehingga pembangkit diesel bisa distirahatkan,” katanya.

Ia mengatakan dengan mendapat suplai daya dari PLTA Poso, krisis listrik di Palu yang sudah berlangsung beberapa tahun ini teratasi dan PLN dipastikan dapat menghemat pemakaian BBM mencapai ratusan miliar tiap tahun. Menurut dia, penghematan penggunaan BBM senilai itu sangatlah besar.

Selama ini, pembangkit listrik yang memperkuat sistem kelistrikan Palu mengandalkan mesin PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) yang terletak di Silae dan juga PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) di Mpanau. Jadi butuh solar dan batu bara untuk mengoperasikan mesin-mesin pembangkit tersebut.

“Belum lagi, jika ada kerusakan karena usia PLTD yang sudah tua, tentu memerluakan biaya yang cukup besar. Itu memang sudah resiko dari PLTD maupun PLTU,” katanya.

Novalince mengatakan pada 2015 ini juga akan dibangun tower dan jaringan listrik yang menghubungkan GI Sidera dengan GI Talise dan Silae. Jika pembangunan sudah selesai, maka sistem kelistrikan Palu akan ketambahan suplai daya dari PLTA Poso sebesar 24 MW lagi. (bmz)

Sumber; Radar Sulteng

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button