PLN Pastikan Pemadaman Bergilir Berakhir

PALU-Ini kabar gembira bagi warga Kota Palu dan sekitarnya. Pasalnya, PLN memastikan pemadaman listrik bergilir yang diderita oleh warga beberapa waktu terakhir. Kepastian itu menyusul beroperasinya Gardu Induk (GI) Sidera, di Desa Sidera, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, saat peresmian gardu oleh Gubernur Sulteng, kemarin (9/3).

Gardu induk yang diusulkan untuk mengubah nama menjadi GI Vulu Pountu itu berkapasitas 30 mega volt ampere (MVA) dan dapat menyalurkan energi listrik sekitar 24 megawatt. Sumber listrik berasal dari PLTA Sulewana Poso.

General Manager (GM) PLN Suluttenggo, Baringin Nababan dalam sambutannya pada pelaksanaan pemberian tegangan (energizing) GI Sidera tersebut, menegaskan dengan beroperasinya GI Sidera berkapasitas 30 mega volt ampere atau setara dengan 24 megawatt, dengan demikian pemadaman listrik yang terjadi di Kota Palu akan berakhir terhitung sejak dioperasikannya GI Sidera.

“Mulai malam ini (Senin, 9/3) pemadaman yang melanda Kota Palu selama ini berakhir,” tegas Baringin, yang langsung mendapat tepuk tangan dari para undangan yang hadir.

Pada kesempatan itu, Baringin menyampaikan data-data teknis tentang listrik yang mengaliri Kota Palu dan sekitarnya. Dia mengungkapkan Kota Palu memiliki sekitar 300 ribu pelanggan listrik dengan beban puncak kurang lebih 88 megawatt. Sementara dengan daya mampu pembangkit existing sebesar 80 megawatt, sehingga mengalami defisit daya sekitar 8 megawatt, “Jadi dengan beroperasinya ini (GI Sidera, red) kita dapat memberdayakan listrik yang dihasilkan oleh PLTA Poso yang notabene berada di Provinsi Sulawesi Tengah,” katanya.

Selain itu kata Baringin, sampai dengan Januari 2015, warga Kota Palu yang dilayani melalui PT PLN Area Palu memiliki daftar tunggu listrik sekitar 30 mega volt ampere. Sehingga, masih dibutuhkan daya listrik sekitar 30 mega volt ampere untuk memenuhi permohonan tersebut. Untuk itu, Baringin meminta dukungan dari masyarakat dan juga Pemerintah Sulteng, dapat membantu dalam penyelesaian penarikan transmisi dari GI Sidera ke GI Silae yang memiliki kapasitas sama dengan GI Sidera, yakni 30 mega volt ampere.

Sementara itu, GM PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) XIII Jaringan Sulawesi, Sarono mengungkapkan, PLN selain telah menyelesaikan pembangunan jaringan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Poso-Palu, saat ini tengah mengupayakan penyelesaian pembangunan 2 jaringan SUTT di Sulteng, sebagai upaya memperkuat suplai listrik di Sulteng. Di mana 2 jaringan SUTT tersebut yakni, transmisi 150 kilovolt dari GI Sidera ke GI Silae sepanjang 56 kilometer sirkuit (KMS), dan transmisi 70 kilovolt dari GI Sidera ke GI Talise sepanjang 40 KMS.(fdl)

Sumber; Radar Sulteng

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button