Polda Sulteng Bekuk Empat Pengedar Narkoba

PALU – Empat pengedar narkoba dibekuk jajaran Polda Sulawesi Tengah dalam suatu operasi khusus. Selain ke-empat pengedar tersebut, berhasil disita pula sedikitnya 650 gram narkoba jenis sabu-sabu yang ditaksir senilai Rp1,2 miliar.
Direktur Direktorat Narkoba Polda Sulteng, Kombes Pol Dedi Andi Sofia kepada wartawan, Kamis (29/1) menyebutkan, ke-empat pelaku itu dibekuk dalam dua operasi yang berbeda. Operasi pertama pada 21 Januari 2015 berhasil membekuk tiga orang pengedar termasuk seorag diantaranya bertindak sebagai bandar.
“Yang bandar itu berinisal MT, umur 40 tahun, dia berkedudukan di Tarakan dan di tangkap di Palu setelah barangnya sampai di Palu menggunakan perahu pengangkut sembako,” jelas Dedi yang saat itu diampingi Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hari Suprapto.
Modus pengiriman barang haram itu lanjut Dedi, yaitu dengan cara menyelipkan bungkusan sabu-sabu itu ke dalam pakan ternak yang kemudian diangkut dengan perahu nelayan dari Kalimantan menuju Palu. Setelah barangnya sampai di Palu, MT kemudian ke Palu menggunakan pesawatterbang.
“Anak buah kami mengendap hingga tiga minggu dan penangkapan dilakukan setelah anggota kami berpura-pura menjadi pmembeli,” urai Dedi lagi. Dari ketiga orang yang dibekuk pada operasi pertama itu, disita 600 gram sabu-sabu.
Pada operasi kedua, berhasil mengamankan satu orang pengedar berinisial HT alias T alias S, umur 30 tahun. Penangkapan HT merupakan hasil pengembangan operasi sebelumnya yang mengamankan seorang pengedar. “Dari HT diamankan 50 gram sabu-sabu siap edar,” imbuhnya.
Disebutkan, bandar tersebut akan dikenakan pasal 114 ayat 2 UU No.35/2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman pidana mati, penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat enam tahun dan paling lama 20 tahun dan denda maksimum Rp10 miliar. Sedangkan tiga lainnya akan dikenakan pasal 112 ayat 2 dan pasal 127 yang masing-masing ancaman hukumannya penjara seumur hidup atau paling lama 20 tahun denda Rp800 juta. (af)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button