PPKM Level 4 Diperpanjang

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 diperpanjang. Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung mengumumkan perpanjangan PPKM Level 4 sampai tanggal 2 Agustus 2021 mendatang.

PPKM level 4 ini akan diberlakukan merata di seluruh wilayah di Indonesia, tidak hanya di Jawa-Bali.

“Pertimbangan aspek kesehatan harus dihitung cermat. Saat yang sama aspek sosial ekonomi masyarakat khususnya pemenuhan kebutuhan hidup harus diprioritaskan, dengan mempertimbangkan aspek kesehatan aspek ekonomi dan dinamika sosial. Saya memutuskan melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari 26 Juli sampai 2 Agustus,” kata Jokowi dalam paparan media secara online, Minggu (25/7/2021).

Langkah ini, kata Presiden, sudah mempertimbangkan berbagai aspek.

“Kita tahu saat ini sudah ada tren perbaikan pengendalian pandmei COVID-19. Laju penambahan kasus, BOR, dan positivity rate mulai menunjukkan tren penurunan di provinsi di Jawa. Namun demikian mesti berhati-hati sikapi tren perbaikan tetap waspada menghadapi varian Delta yang menular,” tutur dia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan penentu level pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), mulai dari level 3 dan 4.

Luhut yang bertugas mengawal PPKM di Jawa-Bali menjelaskan pemberlakuan PPKM level 3 dan 4 ditentukan atas beberapa indikator.

“Pemberlakuan PPKM level 4 dan 3 ini dikaji berdasarkan 3 faktor utama, yaitu indikator laju penularan kasus dan respons sistem kesehatan yang berdasarkan panduan WHO, dan indikator ketiga sosio ekonomi masyarakat,” jelas Luhut dalam konferensi pers virtual, Minggu (25/7/2021).

Luhut menjelaskan Presiden Jokowi menekankan betul yang terakhir ini yaitu kondisi sosio ekonomi masyarakat.

“Jadi kita membuat 3 indikator itu menjadi barometer kita,” tutupnya. (ss01)

Related Articles

Back to top button