Produk Rotan Digemari di Palu Expo

PALU – Pameran produk dan hasil pembangunan yang digelar oleh Pemkot Palu dalam rangka memeriahkan HUT ke-36 Kota Palu berlangsung sejak 27 September 2014 lalu. Begitu dibuka oleh Walikota Palu, Rusdi Mastura, pengunjung langsung menyerbu masuk ke stand pameran.

Dari puluhan stand yang mengambil bagian dalam pameran tersebut, hampir semua stand banyak dikerubuti pengunjung. Meski demikian produk kerajinan rotan yang ditampilkan oleh Pusat Inovasi Rotan Nasional (Pirnas) yang memajang mebel dan souvenir dari rotan mendapat banyak perhatian.

“Ini desain terbaru dari papan rotan,” ujar salah seorang petugas jaga pameran di stand tersebut. Katanya, desain mebel dari papan rotan tersebut sedang trendy, terutama di pasar luar negeri. Namun demikian, tidak berarti produk mebel itu tidak akan dilempar ke pasar lokal. “Kalau harga mungkin relatif mahal, tapi ini bicara soal kualitas dan desain, jadi seimbanglah dengan harga,” sebutnya.

Di pasar ekspor terutama Eropa katanya, papan rotan sedang dicari-cari. Selain karena bahandasarnya yang natural, modifikasi penggunaan bahan rotan dinilai sangat unik. “Ini hanya sampel saja, pembuatan produk akhirnya dilakukan setelah pesanan dilakukan, akrena tiap unitnya dan juga desainnya sangat ditentukan oleh pemesan,” sebutnya.

Bukan hanya mebel papan rotan yang banyak menarik perhatian, sejumlah sovenir rotan lainnya banyak diburu oleh pengunjung, terutama produk-produk rotan yang bisa dijinjing pulang, seperti lampu hias. “Tidak banyak yang bisa dibeli karena kebanyakan hanya contoh yang dipajang di pameran ini,” ujar salah seorang pengunjung sambil menunjukkan lampu hias terbuat dari rotan yang baru saja dibelinya.

Petugas jaga pameran itu membenarkan bahwa kebanykan produk rotan di standnya hanya sampel saja. Selan karena luas lokasi yang sangat terbatas, beragam produklainnya juga harus dipamerkan. “Kalau mau lengkapnya bisa jalan-jalan ke showroom Pirnas atau ke perajin rotannya,” sebutnya. (af)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button