Rektorat Tak Terlibat Pencairan Beasiswa Fakultas Kedokteran

PALU – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulteng melalui Bidang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus (PKPLK) memberi sosialisasi tentang dana beasiswa dari pemerintah provinsi yang melekat di Dinas Dikbud Sulteng, untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran Untad. Itu dilakukan menyusul adanya anggapan miring yang menyudutkan pihak rektorat Untad.

Sosialisasi pada hari Senin (19/1) itu dihadiri para mahasiswa Fakultas Kedokteran Untad, dua wakil dekan Fakultas Kedokteran Untad serta pejabat Bidang PKPLK Dinas Dikbud Sulteng. Kabid PKPLK Dr Minarni Nongtji MSi menjelaskan, beasiswa untuk dana pendidikan itu sebagai implementasi dari undang-undang tentang kedokteran.

Bantuan itu direalisasikan setelah dilakukan penandatanganan MoU antara Dinas Dikbud dengan pihak Dekan Fakultas Kedokteran Untad. ”Pencairan dana beasiswa itu secara teknis harus mengikuti ketentuan yang ada, dan di sini tidak ada sama sekali keterlibatan pihak rektorat,” tegas Minarni Nongtji.

Dia mengatakan, beasiswa tahun 2008-2009 belum dicairkan atau sengaja diblokir karena pihaknya masih menunggu penjelasan dari pihak fakultas. Sedangkan beasiswa tahun 2014 masih berlanjut di tahun 2015, tetapi itu bukan penganggaran di tahun 2015.

”Adapun mahasiswa masih melakukan pembayaran di tahun 2015, karena masih ada kewajiban lain yang tidak ditanggung dari dana beasiswa. Inilah yang menjadi pertanyaan mahasiswa dan orang tua mahasiswa. Bahkan sampai berkembang isu yang menyudutkan pihak rektorat,” katanya.

”Saya tegaskan lagi bahwa tidak ada keterlibatan pihak rektorat. Secara teknis pencairan beasiswa mengikuti ketentuan-ketentuan yang ada,” tegasnya lagi.(af/*)

Sumber: Radar Sulteng

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button