Sarjana Baru Untad Bertambah 947 Orang

PALU – Universitas Tadulako (Untad) kembali menggelar prosesi wisuda yang ke-79. Kali ini berjumlah 947 orang, yang dengan demikian jumlah keseluruhan alumni Perguruan Tinggi terbesar di Sulteng ini menjadi 46.594 orang.

Dari 947 wisudawan, 167 orang di antranya lulusan pascasarjana (S2) dan 760 orang sarjana (S1) dan diploma dari 10 fakultas di Untad. Secara rinci, Fakultas Kehutanan 38 orang, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) 41 orang, Fakultas Teknik 52 orang, Fakultas Peternakan dan Perikanan (FAPETKAN) 33 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 301 orang, Fakultas Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 76 orang ,Fakultas Ekonomi sebanyak 93 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 90 orang Fakultas Hukum dan Fakultas Pertanian 26 orang.

Dari wisudawan tersebut, 12 diantaranya dikukuhkan sebagai mahasiswa terbaik karena memiliki nilai di atas rata-rata. Mereka adalah Dr H Abdullah Nasera MP dari Prodi Ilmu-ilmu Pertanian dengan lama studi 3 tahun dan 1 bulan, IPK 4,0 putra pasangan Naser Bin Brahim dan Salmah Bahmid.

Sedangkan dari jenjang strata dua S2 adalah Hary Asis MSi dengan lama studi 1 tahun 11 bulan IPK 4,0 putra pasangan H Effendi Dg. Pawera dan Ibu Hj Felma Lamatige. Untuk strata satu adalah Nurhalimah Cahayani S Hut yang menggondol predikat IPK tertinggi yaitu 3,93 dengan lama studi 3 Tahun 11 bulan. Sedangkan Siti Maarifah dinobatkan sebagai wisudawati tercepat dan termuda dengan lama studi 3 tahun 8 bulan.

Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS dalam pesan almamaternya menyatakan, alumni merupakan potensi besar yang dimiliki oleh sebuah universitas. Keberadaannya masih dibutuhkan meskipun telah berstatus sebagai alumni. Karenanya, Rektor meminta agar wisudawan segera bergabung dalam Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Untad sebagai bentuk keterikatan dengan almamater.

Rektor mengungkapkan sebagai bagian dari program Tracer Study bagi para alumni Untad, lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan melalui Pusbang-SIS PMP-PK-TS, telah memulai kegiatan Tracer Study untuk mengetahui perjalanan alumninya. Alumni diminta segera mengisi formulir secara online yang berkaitan dengan kapan mendapatkan pekerjaan, dimana, sebagai apa, dan besaran gaji pertama. “Data-data ini sangat membantu proses akreditasi institusi dan program studi di masa-masa yang akan datang,” ungkap Rektor.

Dia kemudian mengingatkan kepada wisudawan bahwa wisuda bukan penghujung perjalanan panjang yang sudah dilewati bagi para wisudawan. Karena menurutnya wisuda kemarin merupakan hari pertama bagi para wisudawan dari lembaran baru untuk ke depan. Ia berpesan agar mulailah bekerja keras karena sesuatu tidak akan pernah diperoleh hanya dengan harapan.

“Memang realitas kehidupan bukan dicari, tetapi mendatangi orang-orang yang bangkit karena berjati diri, kokoh dalam kebajikan, tangguh dalam kesadaran, dan berhati baja mempertahankan kelembutan. Jadilah alumni yang siap untuk gagal di saat sedang mencari keberhasilan, dan belajarlah dari kegagalan yang dirasakan itu untuk introspeksi,” katanya.

Rektor berharap agar para alumni bisa menjadi lokomotif yang dapat mengantarkan menjadi sosok yang sesungguhnya. Karenanya, jangan bercita-cita untuk menjadi manajer tetapi jadilah seorang pemimpin. Seorang pemimpin tidak bisa sukses bila hanya bertindak sebagai manajer, kecuali jika manajer itu menjalankan tugas-tugas leadershipnya dengan baik.

Gubernur Sulteng yang diwakili Kepala Bappeda Sulteng Dr rer pol Patta Tope mengharapkan lembaga pendidikan dapat terus berupaya meningkatkan dan mengembangkan program pendidikan dengan terus melakukan inovasi serta terobosan tiada henti dalam membangun pendidikan yang berkualitas. Ia juga mengharapkan kepada para wisudawan agar dapat mengaplikasikan ilmunya yang selama ini di dapatkan di bangku kuliah dan memberikan kontribusi kepada masyarakat. Khususnya dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru, serta ilmu yang dimiliki senantiasa dijadikan basis untuk memperdalam dan mengali ilmu untuk membangun darah ini. (af/*)

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button