Siswa SMA Labschool Untad Harumkan Nama Indonesia

PALU- Berawal dari hanya sekadar iseng mencari informasi tentang lomba-lomba di internet, Andriawan Marcelino siswa SMA Labschool Universitas Tadulako (Untad) Palu, tidak menyangka jika keisengannya dalam menanggapi informasi lomba tersebut, berujung pada keberhasilannya mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

Andriawan Marcelino berhasil menduduki peringkat III pada Physics Project Competition Announcement, sebuah lomba fisika bertaraf internasional, yang diikuti hampir seluruh negara di dunia. Hal itu dibuktikan dengan surat yang dilayangkan World Physics Association, panitia yang berada di Polandia, nomor: XVIIIX/Sub/Compt/110/World/Org/2015 tertanggal 26 Januari 2015.

“Jadi awalnya hanya iseng-iseng aja cari-cari lomba di internet, bagitu ada ya coba-coba juga masuk, eh tak disangka bisa lolos. Begitu oke, maka selanjutnya makalah kemudian dikirim lewat email. Tapi fisiknya juga dikirim ke sana,” kata siswa Palu, 4 Agustus 1998, dengan nada merendah kepada Radar Sulteng, Selasa (17/3).

Andriawan yang kala itu didampingi Kepala SMA Labschool Untad Palu, Dra Elinawati Hutajulu MPd, Wakasek Kurikulum Dra Emmy Sianturi MPd, Wakasek Kesiswaan Dewa Made Mertayasa MPd, serta Rosida MPkim sebagai pembimbing yang juga merupakan guru mata pelajaran kimia, menerangkan melalui surat tersebut dirinya juga dipastikan akan ke Polandia pada November 2015 mendatang.

Jika tidak ada aral melintanng, Andriawan akan mempresentasikan makalah yang berjudul “Hyper Engineering Technology With A Combination Of Newton’s Laws Printing Machine Made From Organic Nano-Particle System As A Deterrent Rottenness Layer Of Eart’s Asmosphere To Protect And Empower The Salvation Of The Earth From Ultraviolet Rays And Attack Foreign Asteroid Will Make An Explosion And Destraction Of The World’s Population”.

“Makalah ini mengenai teknoligi tinggi tentang pembuatan regenerasi kembali lapisan ozon menggunakan senyawa organik dan kombinasi penerapan hukun newton, itu inti makalah yang akan dipresentasikan nanti bulan November ini di Polandia,” terang siswa kelas XI IPA SMA Labschool Untad Palu ini.

Atas kesuksesannya itu, Andriawan berharap doa dan dukungan dari masyarakat Indonesia khususnya Kota Palu dan Provinsi Sulteng, sehingga pada tahap selanjutnya bisa kembali menorehkan prestasi yang tidak hanya mengharumkan nama SMA Labschool Untad Palu, tapi nama Kota Palu, Sulteng, dan Indonesia. “Ini tidak lepas dari bimbingan dari guru-guru di sini,” ungkap anak dari pasangan Dadju Abdullah dan Minarti ini.

Sementara itu, Kepala SMA Labschool Untad Palu, Elinawati Hutajulu MPd, mengaku merasa bangga terhadap prestasi yang diraih siswanya tersebut. Menurut Elinawati, Andriawan bisa membuktikan bahwa di tengah kesibukannya sebagai pelajar di SMA Labschool Untad bisa meraih prestasi yang gemilang.

“Dia bisa menunjukkan prestasinya ke level internasional. Bisa membawa nama sekolah yang sekaligus mengharumkan nama Indonesia, dengan berhasil berada di rangking 3,” ungkapnya.

Elinawati mengungkapkan, selain mendapat bimbingan di sekolah yang dipimpinnya itu, Andriawan juga mendapat bimbingan dari dosen ITB. “Setiap hari Sabtu di Hotel Santika, Andriawan mendapat bimbingan langsung dari dosen ITB khusus kimia,” tandasnya.(fdl)

Sumber: radar Sulteng

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button