SKP-HAM Luncurkan Buku “Menemukan Indonesia Kembali”

PALU – Solidaritas Korban Pelanggaran HAM (SKP HAM) Palu bersama Koalisi Keadilan dan Pengungkapan Kebenaran (KKPK) meluncurkan buku berjudul “Menemukan Indonesia Kembali” pada rangkaian kegiatan bertajuk “Dengar Kesaksian Publik” di Gedung Teater Golni, Palu, 22 Januari 2015.
Ketua SKP-HAM Palu, Nurlalela Lamasituju mengatakan buku tersebut berisi data dan fakta serta kesaksian sejumlah korban pelanggaran HAM dan keluarganya di Indonesia yang mengalami penderitaan, terutama pada saat aksi penumpasan G/30/S/PKI di tahun 1965, tak terekcuali di Palu.
Buku yang sangat layak baca itu diharapkan membuka mata kepada setiap pembacanya bahwa yang namanya pelanggaran HAM sangat tidak manusiawi dan tidak terjadi lagi.
Dalam buku itu, sejumlah kasus-kasus pelanggaran HAM diungkapkan dengan gamblang, mulai dari kasus PKI, Timor Leste, Operasi Militer di Papua dan sejumlah kasus lainnya, baik yang sudah tertangani maupun yang tidak tertangani hingga detik ini.
Mendahului peluncuran buku itu, beberapa hari sebelumnya, sejumlah kegiatan sudah dilaksanakan, seperti pameran foto korban pelanggaran HAM di Palu, Dengar Kesaksian Publik yang menghadirkan korban dan keluarganya. Beberapa pemerhati HAM hadir pada kegiatan tersebut, tak terkecuali Walikota Palu, Rusdi Mastura yang sedari awal sudah mengikuti kegiatan tersebut.
Komisioner Komisi Nasional HAM, Roihatul Aswidah juga tampak hadir pada panel diskusi yang dimoderatori mantan Komisioner Komnas HAM Indonesa, Ridha Saleh. (af)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button