Sosialisasi Penggunaan Frekuensi Radio di Tolitoli Diikuti 50 Peserta

Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Palu, kamis pagi (7/10) menggelar sosialisasi penggunaan frekuensi radio di Kabupaten Tolitoli dengan mengusung tema “Wujudkan Tertib Penggunaan Frekuensi Gunakan Perangkat Sesuai dan Standar Bersiaplah Menuju Transformasi Digital. Sosalisasi yang digelar di Lingayan Room Hotel Mitra Utama Tolitoli itu dibuka secara resmi oleh Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tolitoli Rudi Bantilan, S.Sos.,M.Si dan Kepala Balai Monitor Palu Hermanto.
Saat menyampaikan laporannya, Kepala Balai Monitor Palu Hermanto menjelaskan sosialisasi merupakan rangkaian dari kegiatan pengawasan dan pengendalian penggunaan spektrum frekuensi radio dimana program prioritas Kemeterian Kominfo tahun 2021 yaitu penyediaan infastruktur pengelolaan spektrum frekuensi radio, pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, pendataan pos dan informatika serta komunikasi publik. Program prioritas ini jelas Hermanto bertujuan untuk percepatan informasi digital Indonesia, sehingga dengan demikian dapat menunjang masyarakat tanah air menjadi masyarakat digital. Peserta sosialisasi ini berjumlah 50 orang yang seluruhnya pengguna frekuensi radio baik dari instansi pemerintah, badan usaha milik negara dan swasta di Kabupaten Tolitoli.
Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya, dalam arahannya sebelum membuka sosilasiasi ini mengatakan perkembangan informasi komunikasi tekhnologi berkembang sangat pesat dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Upaya mensosialisasi peraturan bidang frekuensi ini sangat diperlukan sebab frekuensi radio merupakan sumber daya alam terbatas yang berperan strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Frekuensi radio terlihat dari fungsi dan manfaat dalam memperlancar arus komunikasi dan informasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pertahanan, keamanan, industri dan perekonomian bahkan membuka isolasi bagi daerah-daerah terpencil sehingga masyarakat di pedesaan mampu mengakses informasi yang sedang berkembang baik melalui radio, siaran tv, internet, bahkan teknologi telekomunikasi seluler.
Selanjutnya Bupati berharap dari kegiatan ini semakin dapat dipahami secara menyeluruh dan komprehensif tentang bagaimana regulasi dan manajemen spektrum frekuensi radio sebagai upaya mendukung optimalisasi penggunaan spektrum frekuensi radio untuk kemajuan bangsa. Kepada para pengguna frekuensi radio Bupati berharap dapat manfaatkan momentum ini karena selain dapat berkontribusi signifikan dalam upaya memberikan pemahaman yang komprehensif juga untuk mengantisipasi pesatnya dinamika perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dipicu oleh proses digitalisasi teknologi komunikasi. Namun yang lebih penting lagi untuk meredam dan meminimalisir merebaknya penggunaan frekuensi radio tanpa izin dan penggunaan frekuensi radio yang tidak sesuai dengan peruntukannya di wilayah Kabupaten Tolitoli.
Acara pembukaan sosialisasi turut dihadiri oleh Unsur Forkopimda Kabupaten Tolitoli, Asisten Sekretaris Daerah bidang Pemerintahan dan Kesara Anhar Dg. Mallawa, SE, Kepala Dinas Kesahatan Anjasmara S.pt.,MP serta Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Tolitoli Arham A. Jacub, SH. (ss-akh/***)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button