Target Listrik Palu Meleset

PALU – Penarikan kawat jaringan transmisi PLTA Sulewana 150 kV dari daerah Sausu ke Gardu Induk (GI) Sidera yang sejatinya ditarget beres pekan kedua bulan Februari 2015 ini, ternyata belum bisa direalisasikan oleh PLN. Alasan pihak PLN, masih terkendala pada cuaca yang dalam beberapa waktu terakhir sering terjadi hujan.

Seperti diketahui, pihak PLN melalui pemaparan project manager PLN UIP Bazuki Widodo yang didampingi manager PLN Area Palu Novalince Pamuso, padi akhir Januari lalu, menjanjikan kepada masyarakat dan Gubernur Sulteng Drs H Longki Djanggola MSi, progres penarikan kawat jaringan transmisi tersebut dipastikan rampung di bulan Februari 2015, tepatnya pada pertengahan bulan ini. Tapi nyatanya target itu meleset lagi, karena belum ada listrik PLTU 150 kV masuk ke GI Sidera.

Manager PLN Area Palu Novalince Pamuso, Selasa (17/2) kemarin, menginformasikan bahwa, saat ini pembangunan jaringan transmisi masih dalam tahap penarikan kawat listrik dari daerah Suasu ke Sidera. Dalam proses penarikan ini, pekerja di lapangan menemuai masalah, yaitu kondisi cuaca akhir-akhir ini sering terjadi hujan.

“Dari sisi pekerjaan, teman-teman di lapangan masih melakukan penarikan kawat. Tapi dalam proses pekerjaan ini, informasinya kita terkendala hujan. Sehingga pertengahan bulan ini belum bisa sampai ke Sidera,” kata Novalinca kepada Radar Sulteng via telepon.

Disampaikan bahwa masalah yang ditemukan tim pekerja di lapangan, adanya sebagian besar mobil operasional yang rusak karena cuaca hujan, akses pemindahan mesin penarikan kawat menjadi sulit.

“Memang beberapa hari terakhir sering hujan, pekerja di lapangan pasti tidak bisa melakukan apa-apa, sehingga kita harus bersabar lagi menunggu pekerjaan selesai,” jelasnya.

Menurut Novalince Pamuso, PLN akan tidak tinggal diam mengejar target operasional dari GI Sidera hingga listrik dioperasikan masuk Kota Palu. “Waktu kunjungan Gubernur, kita sudah sampaikan bahwa akan diselesaikan bulan Februari, targetnya pertengahan. Ini kita tidak realisasikan karena faktor hujan, ke depannya akan di optimalkan agar tidak menyeberang bulan ini,” ungkapnya.

Diharapkan kepada masyarakat agar tidak resah dan mempercayakan pekerjaan ini kepada PLN yang menaungi masalah pekerjaan itu, agar bulan Februari benar-benar sudah diwujudkan listrik 150 kV Sulewana sudah masuk Palu. “Masalahnya kondisi cuaca yang tidak mendukung sehingga pekerjaan ini terhambat, jika dipaksakan tentunya akan membahayakan para pekerja. Kita tetap sabar semoga bulan ini sudah bisa selesai,” tandasnya. (af/*)

Sumber: Radar Sulteng

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button