Trending

Tombolotutu Akan Dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional, Jokowi Telah Teken Keppres

Tombolotutu, sosok pejuang Sulawesi Tengah asal Parigi Moutong akan dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional. Ini akan menjawab dahaga penantian Sulawesi Tengah untuk memiliki pahlawan nasional.

Mahfud MD, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), dalam konferensi pers yang disiarkan langsung melalui YouTube Kemenko Polhukam, pada Kamis (28/10) menyebut bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan gelar pahlawan nasional di tahun 2021. Presiden Jokowi, ujar Mahfud MD memutuskan, dari ratusan usulan yang masuk, pemerintah memutuskan untuk memberikan gelar pahlawan kepada empat tokoh, yaitu Tombolotutu (tokoh dari Sulawesi Tengah), Sultan Aji Muhammad Idris (tokoh dari Kalimantan Timur), Aji Usmar Ismail (tokoh dari DKI Jakarta), dan Raden Arya Wangsa Kara (tokoh dari Banten).

Mahfud MD dalam pernyataannya mengatakan, keempat tokoh tersebut dipilih karena memenuhi syarat. Syarat minimal yaitu pernah berjuang hingga banyak melahirkan manfaat bagi kemajuan negara. Pemberian gelar Pahlawan Nasional kali ini, lanjut Mahfud MD, Presiden Jokowi memutuskan menganugerahkan kepada empat tokoh tersebut dikarenakan untuk pemerataan kedaerahan.

“Sampai dengan hari ini, Sulawesi Tengah, belum mempunyai pahlawan nasional, kemudian Kalimantan Timur, Kalimantan Utara kita kesampingkan dulu karena daerah baru, sehingga pahlawannya belum bisa diidentifikasi tapi yang Sulawesi Tengah dan Kalimantan Timur ini adalah provinsi yang ada sejak awal Indonesia merdeka,” kata Mahfud.

Penetapan gelar pahlawan nasional tersebut sudah sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 109/TK/2021 tentang penganugerahan pahlawan nasional. Daftar keempat tokoh tersebut nantinya akan diserahkan kepada pihak Istana. Setelah itu gelar pahlawan nasional akan dianugerahkan secara resmi kepada keluarga empat tokoh tersebut di Istana Bogor.

“Sesuai rencana, penganugerahan gelar itu akan diberikan pada Hari Pahlawan 10 November 2021 nanti,” kata Mahfud MD. (ss11)

Related Articles

Back to top button