TPU Talise Penuh, Harus Ada Lokasi Baru

PALU-Pembangunan fisik yang tengah menggeliat di Kota Palu membawa konsekeunsi berkurangnya lahan bagi fasilitas publik. Termasuk lahan pemakaman umum. Di mana lokasi Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada di Kota Palu semakin padat dan tidak ada lokasi TPU baru.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Palu, Sumardi mengatakan telah diprediksi bahwa tidak akan lama lagi lokasi TPU yang ada di Kota Palu saat ini, akan penuh dan harus ada lokasi pemakaman baru. Olehnya, Sumardi mengaku dalam suatu rapat Forum SKPD beberapa waktu yang lalu telah meminta agar setiap camat di Kota Palu sudah harus mencari lokasi TPUbaru di masing-masing wilayahnya.

“Karena cepat atau lambat pasti TPU yang sekarang akan penuh,” kata Sumardi saat ditemui, kemarin (20/3).

Sumardi mengatakan lokasi TPU yang saat ini mulai penuh dalam waktu dekat ada di wilayah Kecamatan Palu Timur dan Kecamatan Palu Barat. Tidak hanya itu di Kecamatan Mantikulore TPU juga terlihat mulai padat. Seperti yang terjadi di TPU Talise, di mana lokasi pemakaman yang terletak di daerah perbukitan itu sudah mulai padat bahkan ada kuburan yang berada di bahu jalan.

“Kalau wilayah yang sudah mulai penuh kuburan di TPU sekarang ini adalah berada di wilayah Palu Timur dan Palu Barat. Itu sudah perlu di siapkan lokasi TPU yang baru,” terangnya.

Sumardi menambahkan ke depannya setiap TPU yang ada di Kota Palu akan benar-benar diberi perhatian oleh Pemkot Palu. Di mana akan didesain sebagus mungkin sehingga TPU tersebut akan jauh dari kesan yang menyeramkan. Sebab dalam aturan, juga disebutkan bahwa lokasi TPU adalah bagian dari Ruang Terbuka Hijau.

“Nantinya pemakaman itu akan dibuat sedemikian rupa sehingga pemakaman itu nantinya bukam lagi menjadi tempat yang seram tetapi nantinya akan didesain, sehingga bisa di jadikan tempat untuk berekreasi,” ujar Sumardi. (cr7)

Sumber; Radar Sulteng

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button