Truk Monster Hilang Kendali, 3 Tewas

DEN HAAG – Tontonan ekstrem di Kota Haaksbergen, Provinsi Overijssel, Belanda, berubah menjadi malapetaka. ’’Tiga orang tewas dalam kecelakaan pada Minggu (28/9),’’ kata Wali Kota Hans Gerritsen, Senin (29/9). Insiden itu juga menelan lima korban yang terluka serius dan 18 penonton terluka ringan. Para korban berjatuhan setelah truk monster yang menjadi bintang dalam acara tersebut lepas kendali dan menabrak jajaran penonton.

Setiap tahun truk-truk modifikasi dengan ukuran ban sebesar ban traktor unjuk keahlian di beberapa kota di Belanda. Pengemudi truk-truk monster itu berlomba melewati tantangan dan rintangan yang sudah disiapkan panitia. Antara lain, melewati bangkai-bangkai mobil. Dalam tantangan tersebut, truk-truk bermesin bandel itu melindas deretan mobil yang tidak berbentuk dengan empat ban istimewanya.

Saat beraksi Minggu lalu, salah satu truk lepas kendali setelah melindas deretan bangkai mobil. Dengan kecepatan yang cukup tinggi, truk menabrak pagar pembatas dan para penonton. Setelah insiden tersebut terjadi, sopir truk segera menyerahkan diri kepada polisi. Dia bahkan mendekam di tahanan selama semalam. ’’Klien saya ke kantor polisi untuk menyelamatkan diri dari amuk massa,’’ tutur pengacara Rob Oude Breuil.

Hingga kemarin polisi masih menyelidiki penyebab insiden itu. Berdasar dugaan awal, truk tersebut mengalami kendala teknis. ’’Rem atau akselerator truk bisa jadi rusak,’’ ujar Geerlof Kanis, salah seorang panitia, kepada NOS. Kemarin polisi juga menelusuri izin penyelenggaraan acara tahunan itu. Termasuk mencari tahu standar internasional yang sudah diterapkan panitia dalam menyelenggarakan tontonan ekstrem tersebut. (AP/AFP/hep/c20/ami)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button