Tugboat Meledak, Satu Orang Tewas di TKP

DONGGALA – Kapal penarik tongkang (tugboat) yang sedang sandar di dermaga Lolioge, Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala Senin pagi (23/2) tiba-tiba meledak. Peristiwa itu mengakibatkan satu orang tewas di tempat kejadian perkara (TKP) dengan luka bakar parah.

Ledakan tersebut diduga karena kebocoran tangki bahan bakar, yang dipicu oleh percikan api.

Kasat Polisi Air Polres Donggala, Iptu Marthen Ratu mengatakan, kejadian itu terjadi sekitar pukul 06.00. Korban bernama Riskan (22) serta Adi, berkerja sebagai tukang las sedang mengelas bagian badan kapal yang mengalami kebocoran. Pada saat melakukan pengelasan, keduanya tidak mengetahui kalau tangki penampung bahan bakar kapal yang bernama Mawar Indonesia dua itu, mengalami kebocoran. Yang mengakibatkan kapal tersebut meledak dan menghempaskan, kedua korban.

“Jadi dari percikan api dari pengelasan, yang mengenai tangki bahan bakar yang bocor itulah, sehingga terjadi ledakan yang membakar dan menghempaskan kedua korban,” ungkapnya kepada Radar Sulteng saat berada di TKP.

Dalam kejadian tersebut, Riskan langsung tewas seketika di TKP setelah terhempas sekitar 30 meter, dan menghantam badan kapal penarik tongkang lainnya. Sedangkan Adi mengalami luka bakar yang cukup parah di sekujur tubuhnya. Kedua korban yang merupakan warga asal Kota Palopo ini, telah dilarikan ke RS Undata Palu untuk mendapatkan perawatan intensif dan visum oleh dokter.

Saat ini Polres Donggala beserta pihak Polda Sulteng sedang melakukan olah TKP untuk mengumpulkan sejumlah barang bukti. Mendalami kejadian ini, kata Marthen, pihak Polres Donggala juga akan melakukan pemeriksaan atau memintai keterangan sejumlah saksi mata yang berada di sekitar lokasi kejadian. “Untuk mengetahui lebih jelas awal kejadian ini, kami akan memintai keterangan dari teman-teman korban, serta orang-orang yang ada berdekatan dengan kejadian ini,” ucapnya.

Sementara pantau Radar Sulteng, situasi di sekitar tempat kejadian terlihat kondusif, polisi sudah memasang garis pembatas di kapal agar tidak dimasuki warga. Di samping itu polisi juga sudah mengambil beberapa potret di mana keduanya melakukan pengelasan sampai keduanya terhempas. (af/*)

Sumber: radar Sulteng

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button