Untad Akan Gelar Kuliah Tatap Muka

Institusi Perguruan Tinggi yang berada pada wilayah PPKM level 1-3 dapat memulai Pertemuan Tatap Muka (PTM) terbatas sesuai dengan Surat Edaran Dirjen Dikti Kemdikbudristek. Hal itu disampaikan dalam konferensi pers Pemerintah Pusat pada 28 September lalu.

Berdasarkan arahan tersebut Universitas Tadulako sebagai salah satu perguruan yang berlokasi di wilayah dengan level PPKM Level 2 mulai mempersiapkan diri untuk pelaksanaan PTM terbatas.Para pimpinan Untad pun melaksanakan rapat yang membahas mengenai penyelenggaraan kuliah tatap muka (2/10).

Setelah itu secara resmi melalui Surat Edaran yang dikeluarkan pada tanggal 4 Oktober 2021 Nomor: 6312/UN28/SE/2021 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Tahun Akademik 2021/2022.. Dikutip dari instagram Humas Untad (@humasuntad) terdapat beberapa syarat dan ketentuan untuk pembelajaran tatap muka (5/10). berikut beberapa ketentuan yang menjadi syarat dari kuliah tatap muka:

Syarat utama yaitu mahasiswa sudah melakukan vaksin dan mendapat izin dari orang tua/wali. Selanjutnya diatur bahwa perkuliahan harus menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak 1,5 meter serta memastikan bahwa kapasitas ruang kelas maksimal 50%.

Kegiatan lainnya seperti perkuliahan dalam bentuk Praktikum/PPL/KL/Studio/Bengkel/Program Pertukaran Mahasiswa Dalam Negeri serta seminar proposal/hasil dan ujian skripsi/tesis/disertasi dilaksanakan secara tatap muka.

Selanjutnya fakultas diberikan tanggungjawab untuk mengatur terkait teknis dan jadwal perkuliahan serta menyiapkan Satuan Tugas Covid-19 untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan.

Fakultas Kesehatan Masyarakat merupakan salah satu fakultas yang telah menetapkan waktu untuk memulai perkuliahan tatap muka. Dengan mekanisme yang telah disepakati FKM akan memulai kuliah dengan sistem luring pada tanggal 27 Oktober 2021 dilansir dari Humas Untad (6/10).

Dalam surat pengumuman yang ditanda tangani oleh dekan Fakultas Kesmas dijelaskan bahwa metode yang akan digunakan merupakan perpaduan antara luring dan daring bagi angktan 2019 dan 2020. Sementara untuk angkatan 2021 tetap sepenuhnya menggunakan sistem perkuliahan daring.

Beberapa fakultas pun saat ini dalam proses persiapan untuk melaksanakan PTM terbatas. Para mahasiswa pun terlihat sangat antusias menyambut berita tersebut, terlihat dari tanggapan yang ada pada kolom komentar di instagram Humas Untad. (ss-sal)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button