Virus Ice-Ice Serang Rumput Laut di Parigi Moutong

PARIGI MOUTONG Petani rumput laut yang berada di kawasan Kecamatan Mepangan dan Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong mengalami kerugian besar. Pasalnya, tanaman rumput lautnya diserang virus ice-ice yang mengakibatkan gagal panen.

Hal itu juga diakui oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Parigi Moutong, Made Kornelius. Ketika dikonfirmasi, ia mengatakan serangan virus tersebut setidaknya mencakup 250 hektar lahan rumput laut milik petani. Serangan itu lanjutnya telah berlangsung sejak dua pekan terakhir ini.

Dijelaskan, tanda-tanda rumput laut yang diserang virus itu antara lain berubah menjadi putih dan tidak lama kemudian menjadi gugur. Ia menduga, virus itu muncul karena cuaca di kawasan itu yang cukup ekstrim, yakni kurang atau hampir tidak ada hujan.

Pihaknya mengaku telah melakukan konsultasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan atas persoalan tersebut dan disarankan agar rumput laut yang ada saat ini diganti bibitnya dari jenis Evcima Cotony menjadi jenis Gracilaria Gigas yang lebih tahan terhadap perubahan cuaca dan lebih memiliki keunggulan ekonomis lainnya. (af/*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button