Wabup Kumpul Para Kades di Pesisir Selatan

POSO – Langkah cepat diambil oleh Wabup Poso Ir Toto Samsuri MSi dalam meredam emosi warga di sejumlah desa di wilayah Kecamatan Poso Pesisir Selatan terkait situasi keamanan terkini.

Tak ingin tensi emosi warga berdampak negative, Wabup Poso memanggil dan mengumpul beberapa kepala desa (kades) di ruang kerjanya, Jumat (6/2) sore.

Para Kades yang dikumpul dan diberikan arahan Wabup adalah Kades Tangkura, Kades Pantango Lemba, Kades Taunca, Kades Dewua, Kades Sangginora, Kades Padanglembara, Kades Malitu dan Kades Patiwunga. Sayang, pertemuan Wabup dengan Kades di wilayah yang menjadi lokasi pergerakan kelompok Santoso dan Daeng Koro ini, berlangsung tertutup. “Saya kumpul Kades-Kades untuk bisa menenangkan warga yang mulai mudah emosi karena situasi keamanan yang tidak menentu di desanya masing-masing,” kata Wabup Samsuri kepada Radar Sulteng usai pertemuan dengan Kades.

Dikatakan Wabup, warga di sejumlah desa di Kecamatan Poso Pesisir Selatan yang wilayahnya menjadi lokasi pergerakan kelompok sipil bersenjata mulai mudah tersulut emosi. Itu dikarenakan warga tidak lagi bisa beraktifitas di kebun hingga berdampak pada merosotnya pendapatan ekonomi keluarga.

Sementara di sisi lain kebutuhan hidup (makan-minum) terus berjalan di tengah tidak adanya pekerjaan dan pendapatan. “Kades harus bisa menenangkan warganya saat emosi, karena tidak lagi bisa bekerja. Jangan sampai terjadi keributan di antar warga sendiri,” sebut Wabup.

Keributan karena emosi sekarang ini sering terjadi di tengah masyarakat saat munculnya bantuan-bantuan kemanusiaan di desa. “Warga maunya dapat semua, tapi stok bantuannya terbatas. Saat itulah muncul ketegangan diantara warga sendiri dan antar warga dengan pihak pemerintah desa,” tutupnya.(af/*)

Sumber: radarsulteng

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button