Wapres Undang Seluruh Rektor se Indonesia

PALU- Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla mengundang seluruh Rektor Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Forum Rektor Indonesia (FRI) ke Istana Wapres dalam rangka penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) tentang Pengembangan Sumberdaya Manusia dan Penelitian di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Rektor Universitas Tadulako, Prof Dr Ir Muh Basir Cyio SE MS, yang dikonfirmasi membenarkan adanya undangan tersebut. Menurut Rektor, informasi yang diperoleh dari Kemenristek dan Dikti sebagaimana tertera dalam undangan, seluruh Rektor yang tergabung dalam Forum Rektor Indonesia (FRI) diharapkan hadir bersama Menristek Dikti pada Rabu (21/01) di Istana Wapres, mengingat dua hal penting yang akan menjadi konten MoU yang terkait dengan tugas pokok perguruan tinggi.

Basir menjelaskan, pengembangan SDM melalui pendidikan dan pembelajaran merupakan bagian dari Tri Darma Perguruan Tinggi, demikian pula masalah penelitian. “Pimpinan perguruan tinggi berkomitmen untuk mendukung implementasi MoU tersebut. Sebab, bila Kemristek dan Dikti telah menekan MoU, maka menjadi tugas dan tanggung jawab lembaga pendidikan, khususnya Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia,” terang Rektor.

Menjawab pertanyaan, Rektor Prof Basir menguraikan, kepedulian dunia usaha dalam pengembangan SDM dan Penelitian memang sangat tepat, sebab ada kekuatan supporting yang diharapkan dari dunia usaha, yakni topangan finansial.

“Tidak berlebihan, bila Wakil Presiden Jusuf Kalla memprakarsai penandatanganan MoU antara Kemristek dan Dikti dengan APINDO sehingga ke depan pembangunan SDM dan Penelitian di Indonesia dapat berjalan secara parallel,” pungkas Basir Cyio seperti dilansir di Radar Sulteng edisi (Selasa, 20 Januari 2015). (af/*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button