Warga Muhammadiyah Shalat Id

PALU – Warga Muhammadiyah secara serentak menggelar shalat Idul Adha di sejumlah tempat di Kota Palu, Sabtu (4/10/2014). Di antaranya di Lapangan Manggala Palu Barat, Lapangan Nunu Tatanga, lapangan Universitas Muhammadiyah dan Kompleks Perguruan Muhammadiyah Jl. Suprapto Palu Timur, serta lapangan Pantoloan.

Pelaksanaan shalat id itu sehari lebih cepat dari ketetapan pemerintah yang menetapkan hari raya Idul Adha pada Minggu (5/10/2014). Usai menggelar shalat, penyembelihan hewan kurban berupa sapi dan kambing langsung dilaksanakan saat itu juga.

Perbedaan hari raya Idul Adha itu tidak mengurangi kekhusyukan jamaah Muhammadiyah dalam perayaan hari kurban tersebut. “Jamaah haji di Makkah sudah wukuf di Arafah dan bahkans ekarang sudah embali ke Mina, jadi kita yang di Indonesia memang sudah harus shalat Idul Adha,” ujar Mustari, salah seorang warga yang baru saja menunaikan shalat id.

Meski demikian katanya, perbedaan itu tidak harus menjadi pertentangan karena sudah lazim terjadi. “Ini soal keyakinan saja. Kalau diyakini hari ini, yah laksanakan hari ini, tapi kalau yakinnya besok (minggu), yah laksanakan pada Minggu,” sebutnya. Jadi menurutnya, terpulang ke diri masing-masing.

“Yang salah itu kalau itu tidak ikut merayakan Idul adha,” lanjutnya. (af)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button