Waspada, HIV/AID Ditemukan Lagi di Parimo

PARIGI – Warning buat warga Kabaputen Parigi Moutong (Parimo). Dinas Kesehatan Kabupaten Parimo lagi-lagi menemukan penderita HIV/AIDS pada awal September 2014 ini.Sejak Agustus hingga menjelang akhir September ini, tiga penderita ditemukan, satu orang diantaranya telah meninggal dunia.

Kepala Bidang Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Khusus Bidang Pengelolaan HIV/AIDS, Kurniati Masulili mengatakan,  ketiga penderita HIV/AIDS itu masing-masing satu orang perempuan berprofesi karyawati di Torue, satu orang waria di Kecamatan Lambunu, dan satu orang lainnya adalah  warga Palasa yang telah meninggal dunia.

Mereka dideteksi menderita dengan cara berbeda, pertama ada yang secara sadar memeriksakan diri setelah sadar gejala yang dialaminya, ada pula didasarkan pada laporan masyarakat. “Yang mengkhawatirkan adalah waria di Kecamatan Lambunu karena memiliki teman dekat yang sangat besar potensinya untuk terjangkit,” sebutnya.

Ia mengaku sedang berusaha mendekati teman dekat waria itu agar secara sadar dapat memeriksakan diri sedini mungkin sebelum terlambat dan sebelum menularkan kepada yang lain.

Diungkapkan, hingga saat in, Parimo telah mendata penderita HIV/AIDS sebanyak 35 kasus, 13 diantaranya sudah meninggal dunia.

Ia mencurigai salah seorang PNS di salah satu instansi terjangkit virus mematikan itu. Karenanya ia akan meminta izin melakukan sosialisasi dan tes laboratorium di instansi tersebut untuk memastikan bebas dari virus tersebut. (af/*)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button